Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.74Keywords:
struktur teks, diksi, dan teks laporan hasil observasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kerinci. Kedua, mendeskripsikan penggunaan diksi ditinjau dari ketepatan, kecermatan, dan keserasian dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kerinci. Jenis penelitian in adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Kerinci, tepatnya dikelas X IPA. Data penelitian ini berupa teks laporan hasil observasi, yang diperoleh dari sumber data penelitian yaitu dokumentasi hasil tugas siswa kelas X SMA Negeri 12 Kerinci yang berjumlah 21 teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian in adalah studi dokumentasi. Instrumen penelitian in adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif yaitu dengan cara redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kedua, jika dilihat dari penggunaan diksi berdasarkan ketepatan, kecermatan, dan keserasian, siswa kelas X SMA Negeri 12 Kerinci sudah baik. Dari sebanyak 3139 kata terdapat 12 kata yang tidak tepat, 49 kata yang tidak cermat, dan 22 kata yang tidak serasi.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Atmazaki. (2007). Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang:Universitas Negeri Padang Press.
Ena, Ermawati, dan Rosi.(2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Moral/Fabel Siswa VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol.6 No. 2.
Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Harsiati, Titik, dkk. (2016). Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Harsiati, Titik. (2014). Bahasa Indonesia untuk Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Keraf, Gorys.(2008). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurniadi, Rizal.(2018). “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7, No. 3, September 2018.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, L., J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustakim. (2015). Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Rahmawati, A. (2016). Penerapan SQ3R Berbantunan Reka cerita gambar untuk meningkatkan pemahaman membaca dan hasil belajar siswa. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 127-133.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualittif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.