Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tema 1 Subtema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SDN Socah 3 Bangkalan

Authors

  • Firza Dea Fariska Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.156

Keywords:

Hasil Belajar, Problem Based Learning, Ciri-ciri Makhluk Hidup.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar materi ciri-ciri makhluk hidup pada peserta didik kelas III SD Negeri Socah 3 Bangkalan.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilangsungkan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini diadakan di SD Negeri Socah 3 Bangkalan dengan subjek penelitian terdiri dari 26 peserta didik pada kelas III tahun ajaran  2022/2023. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, serta lembar soal evaluasi. Temuan penelitian menunjukkan hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-ratanya mencapai 52,30 dengan ketuntasan klasikal 42,3%. Pada siklus pertama, nilai rata-ratanya mencapai 72,73 dengan ketuntasan klasikal sebesar 65,38% dan pada siklus kedua, nilai rata-rata tesnya mencapai 85,80 dengan presentase ketuntasan klasikal 96,15%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model Problem Based Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup pada peserta didik kelas III SD Negeri Socah 3 Bangkalan. 

References

Arikunto. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ilhaq, W. I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Pasar Sasaran Siswa Kelas X Pemasaran 2 SMK N 9 Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi UNNES. Semarang.

Jayanti, C. O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga. Salatiga.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniawati, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas V SDN Ngampon. Skripsi. FKIP UKSW. Salatiga.

Najma. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV MAN 3 Banda Aceh. Skripsi. FTIK UIN Ar-Raniry. Banda Aceh.

Nurdin, M. (2012). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurwahidah. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IV SDN Lembaya Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makassar. Makassar.

Octavia, S. (2020). Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Pandu, L. B. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Teknik Elektro UNY. Yogyakarta.

Ridwan, A. S. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustiyarso, T. W. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shoimin. (2014). 68 Model-model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sisdiknas. (2011). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) (UU RI No. 20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafika.

Sitorus, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Sub Tema 1 Ciri - Ciri Mahluk Hidup Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas III SD Negeri 104201 Kolam T . A 2022 / 2023. Educate Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 382–400.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto., & Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Predana media Group.

UU Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Bandung: Sinar Grafika.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228-238.

Downloads

Published

2023-04-24

How to Cite

Firza Dea Fariska, & Agung Setyawan. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Tema 1 Subtema 1 Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SDN Socah 3 Bangkalan . Simpati, 1(2), 60–71. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.156

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.