Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan E-Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.69Keywords:
Model, Project, Based, LearningAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meneliti hasil belajar siswa yang diajar melalui model project based learning dengan berbantuan e-learning pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, sampel yang diteliti yakni kelas X-A yang menjadi kelas eksperimen serta X-B dijadikan kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tabukan-Tengah pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar materi sistem persamaan linear dua variabel dengan berbentuk pertanyaan uraian. Teknik dalam mengumpulkan datanya yakni lewat pretest dan posttes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen Dari uji hipotesis melalui statistik uji t didapatkan dan dengan taraf nyatanya 0,05 yang berarti terjadi penolakan . Kesimpulannya adalah hasil rata-rata siswa dalam belajar dengan penerapan model project based learning dengan berbantuan e-learning melebihi rata-rata hasil siswa dalam belajar dengan penerapan model pembelajaran langsung berbantuan e-learning.
References
Abdin Z., Rumansyah, Arizona L (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 5(1), 64-70. doi:org/10.29303/jipp.v5i1.111.
Afriana, jaka. 2015. Project Based Learning (PJBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.
Kunandar. (2013). Model Pembelajaran Project Based Learning. Jakarta: Kemendikbud
Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2017). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.
Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.
Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.
Mangelep, N. O., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). PERANCANGAN PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.
Nuftriyanti, Maya (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keamampuan Pemecahan Masalah Matematika . Jurnal Formatif, 6(2), 149-160. doi:org/10.30998/formatif.v6i2.950.
Rais, M (2010). Model Project Based Learning sebagai upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa .Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 160-162. doi:org/10.23887/jppundiksha.v43i3.129.
Sudirman. (2005). Seputar pembelajaran Elektronik (E-Learning ). Bandung: PT. Refika Aditama
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). Pembelajaran Arias dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Geometri Analitik Bidang. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.
Sulistyaningsih, M., Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 105-114.
Tinenti, Yanti Rosinda (2016). Model Pembelajaran proyek dalam proses pembelajaran di kelas. Yogyakarta :CV. Budi Utama
Tseng, dkk. (2013). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in a Project Based Learning (PJBL) Environment. International Journal Technology and Design Education, 23(1), 1-16. doi: org/10.1016/j.jclepro.2013.06.050.
Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.
Tiwow, D. N. F., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., Lomban, E. A., & Mangelep, N. O. (2022). The Influence Of Adobe Flash-Based Learning Media On Interest In Learning Mathematics. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(3), 243-254.
Warsita, B. (2018). Mobile learning sebagai model pembelajaran yang efektif dan inovatif. Jurnal Teknodik, 14 (1), 062-073. doi:org/10.32550/teknodik.v14i.452.