PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) PADA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMAN 1 SAROLANGUN

Authors

  • Weny Septiani Universitas Negeri Padang
  • Amril Amir Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.68

Keywords:

pengembangan, E-LKPD, discovery learning, teks negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perancangan model E-LKPD berbasis discovery learning, bagaimana mengembangkan E-LKPD berbasis discovery learning, dan menganalisis kelayakan E-LKPD berbasis discovery learning pada materi teks negosiasi untuk dikembangkan SMA Negeri 1 Sarolangun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi pengembangan 4D (Define, Design, Developmet, Disseminate) dengan modifikasi, tanpa tahap disseminate (penyebaran). Langkah penelitian dan pengembangan tersebut yaitu Identifikasi dan analisis masalah, perancangan, pengembangan, dan validasi produk. Instrument penelitian berupa lembar wawancara guru, angket analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi, ahli media yang dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dirancang E-LKPD berbasis discovery learning dengan pengembangan pada aspek materi teks negosiasi, (2) setelah dilakukan perancangan maka selanjutnya dikembangkan E-LKPD berbasis discovery learning pada materi teks negosiasi melalui palatform liveworksheets, (3) kelayakan pengembangan E-LKPD berbasis discovery learning  yang dinilai oleh ahli materi berada pada kategori sangat valid (91,2%) atau dinyatakan layak untuk digunakan dan menurut ahli media E-LKPD yang dikembangkan berada dalam kategori valid (87,5%) atau dinyatakan layak digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA

References

Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan lkpd berbasis stem pada materi bangun ruang sisi datar smp kelas viii. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 691-702.

Devey, K. 2017. Discovery Learning (Burner). Article Learning Theories. www.learningtheories.com. Diunduh 01 Oktober 2022.

Ernawati, Y., & Ernawati, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII.

Fazrina Khairi. (2018). Model Pembelajaran Discovery Learning. Jakarta. Hosnan

Herdiansyah, Kiki. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis”. Jurnal Eksponen . Vol 8(1). Diunduh 9 September 2022.

Khuzaemah, E., Herawati, L., & Ummi, H. U. (2018). Literacy education model using the scientific approach (model pendidikan literasi menggunakan pendekatan saintifik). Indonesian Language Education and Literature, 3(2), 227-239.

Putri, S. T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi untuk SMA/MA Kelas X (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504-515.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

Weny Septiani, & Amril Amir. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) PADA MATERI TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMAN 1 SAROLANGUN. Simpati, 1(1), 80–92. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.68

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.