Pengaruh Pemanfaatan Media Video Animasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.71Keywords:
Media video animasi, motivasi, hasil belajarAbstract
Media video animasi merupakan gabungan audio dan visual yang dapat menarik perhatian peserta didik dan mampu memahami objek secara detail. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan media video animasi terhadap motivasi pada mata pelajaran fikih. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah populasi 1 orang guru dan 36 siswa. Teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi, teknik analisa data menggunakan rumus rata-rata dan uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh media video animasi pada mata pelajaran fikih dengan rata-rata akhir 4,4 dengan kategori sangat baik karena berada pada interval 4,0 – 5,0, motivasi belajar siswa dengan rata-rata akhir 3,73 dengan kategori baik karena berada pada interval 3,0 – 4,0, hasil belajar siswa dengan rata-rata akhir 87,2 dengan kategori baik karena berada pada interval 80 – 89, berdasarkan uji yang menggunakan uji T diperoleh hasil thitung sebesar 35,96 dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 1/2 α = 0,025 dan didapatkan ttabel sebesar 2.040, karena thitung berada didaerah penolakan maka penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima
References
Ahmad, F. (2014). Psikologi Umum. Pustaka Setia.
Amka. (2018). Media Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Ani, C. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar; Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.
Azhar, A. (2917). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Benjamin, W. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Internet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Kota Jambi. Jurnal Pendidikan, 3(1), 34.
Beny, A. P. (2019). Media Pendidikan. UT.
Cecep, K., & Bambang, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Ghalia Indonesia.
Cheppy, R. (2017). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AIUPI.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Daryanto. (2017). Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta.
Dina, I. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Diva Pers.
Fendika, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif. CV.Kekata Group.
Fidesrinur, K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Negeri. Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 33–42.
Hasnul, F., & Ade, S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.
Irjus, I., Hadion, W., I Made, A. W., & Edi, W. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. CV.Pena Persada.
Kaspul, A. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Alfabeta.
M Basyirudin, U., & Asnawir. (2012). Media Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Nana, S., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Nana, S., & Ahmad, R. (2011). Media Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.
Nyanyu, K. (2016). Psikologi Pendidikan. PT.Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenanda Media Group.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Shoffan, S. (2021). Perkembangan Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Cv. Agrapana Media.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Pedagogika.
Sumanto. (2014). Psikologi Umum. CAPS.