Analisis Kesiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Dasar Daerah 3T

Authors

  • Erwin Simon Paulus Olak Wuwur Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.58

Keywords:

Kesiapan, ANBK dan daerah 3T

Abstract

Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program nasional dari pemerintah dengan tujuan untuk pemetaan mutu pendidikan sekolah dasar dan menengah yang ada di seluruh Indonesia. Dengan adanya perubahan ini banyak guru dan siswa membutuhkan waktu untuk penyesuaian dengan menggunakan metode baru yakni menggunakan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesiapan guru dan siswa dalam menghadapi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di daerah 3T. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa dan guru tingkat gugus yang terdiri dari empat sekolah di daerah yang tergolong 3T. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan asesemen nasional berbasis computer (ANBK) di daerah 3T ialah bahwa belum sepenuhnya siap. Hal itu terlihat dari 1), guru sebagai pendamping belum siap karena sebagaian guru tidak mampu mengoperasikan computer, 2) kesiapan mental siswa dalam mengikuti ANBK karena hal baru berhadapan dengan komupter, 3) keterbatasan sarana dan prasarana computer sebagai penunjang terlaksananya ANBK.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Erwin Simon Paulus Olak Wuwur. (2023). Analisis Kesiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Sekolah Dasar Daerah 3T. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(1), 01–08. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.58

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.