THE INFLUENCE OF GUIDED TRAINING METHODS ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN LEARNING MATERIAL SYSTEMS OF TWO VARIABLE LINEAR EQUATIONS

Authors

  • Albert Bonifasius Kolong Universitas Negeri Manado
  • Ontang Manurung Universitas Negeri Manado
  • Oltje T. Sambuaga Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.150

Keywords:

Model pembelajaran terbimbing, Hasil Belajar, SPLDV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan terbimbing terhadap hasil belajar siswa materi sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu terhadap siswa SMA Negeri 1 Tondano pada siswa kelas XI semester ganjil tahun ajar 2022-2023. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa karena thitung> ttabel (8.441>1.694) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan metode latihan terbimbing dalam pembelajaran matematika topik sistem persamaan linear dua variabel lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang  diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.

References

Bernadet, B., Domu, I., & Pangemanan, A. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR LOGARITMA SISWA KELAS X SMA KATOLIK THEODORUS KOTAMOBAGU. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 179-182.

Boham, M. W., & Domu, I. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berkategori HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(1), 5-8.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., Wenas, J., & Warouw, V. F. F. (2020). Penerapan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran Transformasi Geometri. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(3), 257-260.

Domu, I., & Pesik, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran diskursus multi representasi terhadap hasil belajar siswa materi himpunan. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 122-126.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Domu, I., Manangin, S. A., & Pinontoan, K. F. (2022). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 1-13.

Domu, I., Regar, V. E., Kumesan, S., Mangelep, N. O., & Manurung, O. (2023). Did the Teacher Ask the Right Questions? An Analysis of Teacher Asking Ability in Stimulating Students’ Mathematical Literacy. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(5), 249.

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 31-38.

Kambey, A. N., & Mangelep, N. O. (2019). PkM Kelompok Usaha Nata De Coco Dalam membuat Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Exel. Daya Sains: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Kelung, J. V., Domu, I., & Emor, J. (2018). ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES BUATAN GURU DI SMP NEGERI 2 AMURANG. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 220-223.

Londa, K., & Domu, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Web Pada Kemampuan Higher Order Thinking Skils (Hots). MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 1(2), 25-28.

Makahenggeng, F., Domu, I., & Sulistyaningsih, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SPLDV. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 203-206.

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Nangon, A. A., Domu, I., & Runtu, P. V. (2022). PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 4 TOMOHON. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(2), 328-335.

Rompas, V. D., Wenas, J. R., Sambuaga, O. T., & Mangelep, N. O. (2023). Analysis of Students' Difficulties in Completing Operational Problems with Algebraic Forms. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2696-2703.

Runtu, P. V. J., Pulukadang, R. J., Mangelep, N. O., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, O. T. (2023). Student's Mathematical Literacy: A Study from The Perspective of Ethnomathematics Context in North Sulawesi Indonesia. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(3), 57-65.

Sari, F. R., Domu, I., & Rembet, T. A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belang). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 194-198.

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). Pembelajaran Arias dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Geometri Analitik Bidang. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Tiwow, D. N. F., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., Lomban, E. A., & Mangelep, N. O. (2022). The Influence Of Adobe Flash-Based Learning Media On Interest In Learning Mathematics. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(3), 243-254.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Albert Bonifasius Kolong, Ontang Manurung, & Oltje T. Sambuaga. (2023). THE INFLUENCE OF GUIDED TRAINING METHODS ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN LEARNING MATERIAL SYSTEMS OF TWO VARIABLE LINEAR EQUATIONS. Simpati, 1(2), 01–14. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.150

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.