Analysis of Student Errors in Solving Story Problems on Social Arithmetic Material

Authors

  • Grandy Porajow Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Jorry F. Monoarfa Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Ontang Manurung Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.158

Keywords:

Analisis Kesalahan, Teori Newman.

Abstract

Aritmetika sosial merupakan salah satu materi pada  mata pelajaran matematika di kelas VII semester genap yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Materi ini menyangkut kehidupan sosial, terutama penggunaan mata uang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang di lakukan oleh siswa menurut teori Newman dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial. Metode yang digunakan untuk pengambilan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Tes tertulis diberikan kepada 27 orang siswa dari kelas IXC, terdiri dari 5 butir soal uraian, setelah itu dari hasil tes tertulis diambil 5 siswa yang diperkirakan membuat kesalahan-kesalahan menurut Newman untuk menjadi subjek wawancara, setelah proses wawancara didapatkan bahwa 5 siswa tersebut membuat 5 kesalahan menurut teori newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, Kesalahan Ketrampilan Proses. Kesalahan Penulisan Jawaban Akhir. Dan dianalisis juga jawaban dari 27 orang siswa dari kelas IXC di SMP N 2 Langowan dengan menggunakan teori newman dan mendapatkan hasil yaitu sering terjadi adalah kesalahan penentuan jawaban akhir dengan persentase sebesar 55,93%, kesalahan keterampilan proses 53,38%, kesalahan transformasi sebesar 49,15%, kesalahan memahami 33,05%, kemudian kesalahan membaca 32,20%.

References

Bernadet, B., Domu, I., & Pangemanan, A. S. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR LOGARITMA SISWA KELAS X SMA KATOLIK THEODORUS KOTAMOBAGU. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 179-182.

Boham, M. W., & Domu, I. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Berkategori HOTS. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(1), 5-8.

Dinnullah, R. N. I., Noni, E., & Sumadji, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 175–184. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.175-184

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019, November). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1387, No. 1, p. 012135). IOP Publishing.

Domu, I., & Pesik, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran diskursus multi representasi terhadap hasil belajar siswa materi himpunan. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 122-126.

Domu, I., & Mangelep, N. O. (2020, November). The Development of Students’ Learning Material on Arithmatic Sequence Using PMRI Approach. In International Joint Conference on Science and Engineering (IJCSE 2020) (pp. 426-432). Atlantis Press.

Domu, I., Manangin, S. A., & Pinontoan, K. F. (2022). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 1-13.

Domu, I., Regar, V. E., Kumesan, S., Mangelep, N. O., & Manurung, O. (2023). Did the Teacher Ask the Right Questions? An Analysis of Teacher Asking Ability in Stimulating Students’ Mathematical Literacy. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(5), 249.

Kalengkongan, L. N., Regar, V. E., & Mangelep, N. O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear Berdasarkan Prosedur Newman. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(2), 31-38.

Kambey, A. N., & Mangelep, N. O. (2019). PkM Kelompok Usaha Nata De Coco Dalam membuat Laporan Keuangan Menggunakan Microsoft Exel. Daya Sains: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Kelung, J. V., Domu, I., & Emor, J. (2018). ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS TES BUATAN GURU DI SMP NEGERI 2 AMURANG. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 220-223.

Londa, K., & Domu, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Leaning Berbasis Web Pada Kemampuan Higher Order Thinking Skils (Hots). MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 1(2), 25-28.

Makahenggeng, F., Domu, I., & Sulistyaningsih, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SPLDV. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 203-206.

Manambing, R., Domu, I., & Mangelep, N. O. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar (Penelitian di Kelas VIII D SMP N 1 Tondano). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(2), 163-166.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi GEOGEBRA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.

Nangon, A. A., Domu, I., & Runtu, P. V. (2022). PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 4 TOMOHON. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 2(2), 328-335.

Rompas, V. D., Wenas, J. R., Sambuaga, O. T., & Mangelep, N. O. (2023). Analysis of Students' Difficulties in Completing Operational Problems with Algebraic Forms. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2696-2703.

Runtu, P. V. J., Pulukadang, R. J., Mangelep, N. O., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, O. T. (2023). Student's Mathematical Literacy: A Study from The Perspective of Ethnomathematics Context in North Sulawesi Indonesia. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(3), 57-65.

Sari, F. R., Domu, I., & Rembet, T. A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belang). JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(3), 194-198.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.. 2009. Penilaian Dan Hasil Belajar Mengajar, 10–36. https://adoc.pub/remaja-rosdakarya2014-hlm-nana-sudjana-penilaian-hasil-prose.html

Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2019). Pembelajaran Arias dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Geometri Analitik Bidang. Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 2(2), 51-54.

Tiwow, D., Wongkar, V., Mangelep, N. O., & Lomban, E. A. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107-122.

Tiwow, D. N. F., Tambingon, H. N., Rotty, V. N. J., Lomban, E. A., & Mangelep, N. O. (2022). The Influence Of Adobe Flash-Based Learning Media On Interest In Learning Mathematics. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 4(3), 243-254.

Yusri A.Y. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI PANGKAJENE THE. 7(September), 425–432.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Grandy Porajow, Jorry F. Monoarfa, & Ontang Manurung. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Story Problems on Social Arithmetic Material. Simpati, 1(2), 72–84. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.158

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.