Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.82Keywords:
HOTS, PBL, akuntansi lanjutanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis apakah metode PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS mahasiswa dibandingkan dengan menggunakan metode diskusi. Metode penelitian menggunakan quasi experimental with non equivalent control group design. Teknik pursposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel yaitu kelas Akuntansi Lanjutan A sebagai kelas eksperimen berjumlah 26 orang dan Akuntansi Lanjutan B sebagai kelas kontrol berjumlah 12 orang. Hasil analisis post test menunjukkan bahwa data nilai HOTS siswa terdistribusi secara normal dan homogen sehingga digunakan uji statistik ANNOVA one way. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel metode pembelajaran diperoleh nilai F = 11,101 dan P = 0,002 < 0,05 berarti bahwa untuk uji hipotesis diterima, bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan metode problem based learning dengan metode diskusi. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PBL berpengaruh terhadap HOTS mahasiswa.
References
Afandi, M., & Handayani, T. (2020). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Materi IPA MI. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(1), 88-106.
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2002). A Taxonomy for Learning, TEahing, and Assessing. New York: Addison Wesley Longman Inc.
Ansari, B. I., & Abdullah, R. (2020). Higher-Order-Thinking Skill (HOTS) Bagi Kaum Milenial Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika. IRDH Book Publisher.
Kemendikbud. (2017). Modul Penyusunan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktort Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. PT Kanisius.
Maryani, I., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2022). Higher-order thinking test of science for college students using multidimensional item response theory analysis. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(1), 292-300.
Oktariani, M. (2020). PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI MODERASI OLEH SELF REGULATED LEARNING (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 2 PALEMBANG) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, K., Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problem of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230.
Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving learning activity and students’ problem solving skill through problem based learning (PBL) in junior high school. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331.
Suryani, N. D. (2022). Mengenal" HOTS"(Higher Order Thinking Skills) Dalam Pendidikan. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Tumanggor, M., Soband, A., & Sojanah, J. (2020). Students' higher-order thinking skills through problem-based learning in Bandung. Prosiding ICoISSE, 1(1), 322-327.
Veriansyah, I. V., & Nurhakim, I. (2021). Analisis Soal Hots Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 8(2), 152-161.