Analisis Sintaksis Terhadap Teks Berita “Aktivitas Pembelajaran Berpengaruh Positif Terhadap Psikologis Anak Korban Gempa” Pada Media Online Republika Terbitan 28 November 2022
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.62Keywords:
Analisis, morfologi, berita.Abstract
Berita merupakan salah satu media masyarakat dalam mendapatkan informasi.Dalam penyajiannya berita bisa kita dapatkan dari media cetak, elektronik, maupun media online.dalam berita tentu saja tidak terlepas dari bahasa yang digunakannya, dalam analisis ini digunakan metode kaji morfologi yang digunakan dalam berita berjudul” Aktivitas Pembelajaran Berpengaruh Positif Terhadap Psikologis Anak Korba Gempa Cianjur”. Hasil analis bisa disimpulkan bahasa yang paling digunakan dari segi morfologi adalah Afiks hal tersebut bisa dilihat dari hasil analisi yang menunjukan banyak kata yang menggunakan imbuhan baik di awal, diakhir, maupun di tengah kata dasar.
References
Ambarita, E., & Sibarani, R (2007) . Daftar Morfem Dalam System Morfologi Generative Bahasa Batak Toba
Ariyani, F. (2014). Distribusi Verba Berprefiks (N-) Pada Bahasa Lmapung Dalam Kitab Kuntara Raja Niti dan Buku Ajar : Kajian Morfologi. Ranah : Jurnal Kajian Bahasa, 3 (2) 124-134
Iderasari, E:, Agustina, T. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Asing dalam Program BIPA IAIN Surakarta. Jurna Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,6 (2) 6-15
Isnaini, H., Permana, I., & Lestari, R. D. (2022). Mite Sanghyang Kenit: Daya Tarik Wisata Alam di Desa Rajamandala Kulon Kabupaten Bandung Barat. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality, and Destination, Volume 1, Nomor 2, 64-68.
Priyino, Y. (2012) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi Pada Mading di Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Muhamadiyah Surakarta)
Saddhono, K. (2007). Bahasa Etnik Pendatang di Ranah Pendidikan Kajian Sosiolinguistik Masyarakat Madura di Ibu Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13 (66), 469-487
Saddhono,K. (2012). Kajian Sosiolinguistik Pemakaian Bahasa Mahasiswa Asing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret. Kajian Linguistik dan Sastra, 24 (2),176-186
Wildani, I., & Isnaini, H. (2022). Meningkatkan Potensi dan Kompetensi Siswa Sekolah Dasar pada Program Kampus Mengajar. Jurnal of Empowerment: Universitas Suryakancana Cianjur, Volume 3, Nomor 2. (151-12)