Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Loyalitas Konsumen Rumah Makan Marini Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.797Keywords:
Konsumen, Kualitas Pelayanan, LoyalitasAbstract
Konsumen merupakan objek utama jalannya sebuah usaha. Segala kegiatan pemasaran yang diterapkan berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen. Persaingan usaha didasarkan kepada bagaimana menunjukkan kualitas produk kepada konsumen. Setiap individu tentunya memiliki keinginan yang berbeda. Menjalankan sebuah usaha atau bisnis perlu mendapatkan kepuasan konsumen sebagai bentuk penilaian konsumen terhadap usaha yang dijalankan. penilaian konsumen mengenai kualitas pelayanan yang diterapkan rumah makan Marini, 4 indikator yang ditanyakan berada pada kategori sangat baik. Rumah makan Marini telah menerapkan kualitas pelayanan dengan baik sehingga dapat menarik minat konsumen. rumah makan Marini mendapatkan loyalitas konsumen dengan sangat baik hal ini dilihat dari 4 indikator yang menjadi penilaian responden memberikan nilai sangat baik sebagai bentuk dampak dari kualitas pelayanan yang memberikan kepuasan konsumen berjalan lurus dengan loyalitas konsumen. Meningkatkan loyalitas konsumen bertujuan agar konsumen tidak berpindah ke rumah makan lain.
References
Alexandro, R., Hariatama, F., & Norliana, E. (2021). Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi Analisis Kualitas Pelayanan pada Rumah Makan Panca Rasa Puruk Cahu. 9(2), 353–361. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU
Alfi Faeruza, N., & Soliha, E. (2022). Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Loyalitas.
Angelia, V., & Rezeki, S. (n.d.). MAKAN ABENG 38 (Vol. 6, Issue 1).
Astuti, Y. (2021). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN AYAM PENYET CABE IJO KOTA LANGSA. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1). https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573
Ayu Gede Intan Sawitri, I., studi Manajemen, P., Ekonomi, F., & dan Pariwisata, B. (n.d.). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Mediasi I Gede Putu Kawiana (2) (Vol. 3, Issue 11).
Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2013). SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (n.d.). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1), 2022. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Daga, R. (2017). Buku 1, Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan. https://www.researchgate.net/publication/334957485
Dolorosa, E., Julianti, F. D., & Suharyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Belanja Online Tokokota). JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis Dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 8(6), 478–485. https://doi.org/10.37149/jia.v8i6.903
Firmansyah, M., Dewa, I., & Yudha, K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif (Vol. 3, Issue 2).
Hamid1, R., Radji2, D. L., Ismail, Y. L., Manajemen, M. J., & Gorontalo, U. N. (n.d.). Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI Pengaruh Empathy dan Responsiveness Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pelanggan.
Hidayat, F., Riono, B., Kristiana, A., Dewi, I., Pengaruh, M. ), Pelayanan, K., Produk, I., Pelanggan, K., Loyalitas, M., Pengaruh, P., Meningkatkan, U., Pelanggan, L., Riono, S. B., Mulyani, I. D., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). and Product Innovation on Customer Satisfaction to Increase Customer Loyalty. In JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research (Vol. 1, Issue 3).
Kualitas Layanan, P., Harga Dan Citra Perusahaan, P., Alfi Faeruza, N., & Soliha, E. (2022). Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Loyalitas.
Lalang, D., Maro, L., & Onmay, W. T. (n.d.). Jurnal Saintek Lahan Kering (2020) International Standard of Serial Number 2622-1020 Damaris Lalang. Landerius Maro , Wehelmina T. Onmay/JSLK, 3(2), 29–34. https://doi.org/10.32938/slk.v3i2.1216
Latif, M., Rohman, N., & Suji’ah, U. (n.d.). KEPUASAN KONSUMEN ATAS KUALITAS PELAYANAN RUMAH MAKAN GRIYA DAHAR MBOK SUM (Studi kasus pada konsumen Daerah Istimewa Yogyakarta) 1.
Magister, M. W., Pendidikan, A., Kristen, U., & Wacana, S. (n.d.). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).
Mentang, J. J. J., Ogi, I. W. J., & Samadi, R. L. (2021). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND SERVICE QUALITY TOWARD CONSUMER SATISFACTION AT MARINA HASH IN MANADO RESTAURANT THE COVID-19 PANDEMIC. Jurnal EMBA, 9, 680–690.
Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA (Vol. 15, Issue 1).
Pelayanan, F., & dan Loyalitas Pelanggan, K. (n.d.). CRA.
Rizaldy Insan Baihaqqy, M. (n.d.). Manajemen Pemasaran (Marketing Mix dan Loyalitas). https://www.researchgate.net/publication/374004591
Saipuloh, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan di Hotel The Westin Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9).
Sukaesih, U., Anjani, R., Wahyudi, D., Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Sahid Jakarta, F. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN KAKUNG SABLENG JAKARTA (Vol. 5, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.