ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. ANGEL SIBOLGA
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v1i2.120Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu 183 pelanggan dengan sampel dalam penelitian yaitu 37 pelanggan. Seluruh butir pertanyaan menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian juga menggunakan uji analisis data. Adapun uji dilakukan adalah uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan menggunakan uji koefisien korelasi, uji determinasi, regresi linier sederhana dan uji t dan pengujian serempak/Anova (uji hipotesis)
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian sebesar 0,615, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan korelasi cukup, demikian variabel harga dengan keputusan pembelian sebesar 0,744 yang dikategorikan korelasi cukup pada CV. Angel Sibolga. Persamaan regresi yang diperoleh Y = 14,407 - 0,110 X1 + 0,707X2. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimana t hitung -0,504 < 2,03011, yang berarti hipotesis ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian ditolak kebenarannya, sementara hipotesis ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian terbukti signifikan, dimana t hitung lebih kecil dari t tabel (3,714 > 2,03011). Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa kualitas pelayanan dan harga hanya berperan sebesar 55,8 % terhadap keputusan pembelian pada CV. Angel Sibolga dan sisanya sebesar 44,2 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pengujian Hipotesis Ada pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara serempak terhadap kepusan pembelian diterima kebenarannya, dimana Fhitung lebih besar dari F tabel yaitu 21,424 >3,28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fina Sirait, Fauziah Nur Simamora, Safriadi Pohan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.