ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. ANGEL SIBOLGA

Authors

  • Fina Sirait Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • Fauziah Nur Simamora Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga
  • Safriadi Pohan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Alwashliyah Sibolga

DOI:

https://doi.org/10.59024/jise.v1i2.120

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu 183 pelanggan dengan sampel dalam penelitian yaitu 37 pelanggan. Seluruh butir pertanyaan menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian juga menggunakan uji analisis data. Adapun uji dilakukan adalah uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan menggunakan uji koefisien korelasi, uji determinasi, regresi linier sederhana dan uji t dan pengujian serempak/Anova  (uji hipotesis)

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian  sebesar 0,615, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan korelasi cukup,  demikian variabel harga dengan keputusan pembelian  sebesar 0,744 yang dikategorikan korelasi cukup pada CV. Angel Sibolga. Persamaan regresi yang diperoleh         Y = 14,407 - 0,110 X1 + 0,707X2. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimana t hitung -0,504 < 2,03011, yang berarti hipotesis ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian  ditolak kebenarannya, sementara hipotesis ada pengaruh harga  terhadap keputusan pembelian  terbukti signifikan, dimana t hitung lebih kecil dari t tabel (3,714 > 2,03011). Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa kualitas pelayanan  dan harga  hanya berperan sebesar 55,8 % terhadap keputusan pembelian  pada CV. Angel Sibolga dan sisanya sebesar 44,2 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pengujian Hipotesis Ada pengaruh kualitas pelayanan  dan harga  secara serempak terhadap kepusan pembelian  diterima kebenarannya, dimana Fhitung lebih besar dari F tabel yaitu 21,424 >3,28

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Fina Sirait, Fauziah Nur Simamora, & Safriadi Pohan. (2023). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. ANGEL SIBOLGA . JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 1(2), 160–172. https://doi.org/10.59024/jise.v1i2.120

Issue

Section

Articles