Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Kredit Di PT. BPR Panji Aronta Bareng Jombang
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v1i4.331Abstract
Mengetahui mutu pelayanan pada bank tersebut perlu dilakukan agar mengetahui juga kepuasan dan kesetiaan nasabah beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mutu pelayanan berhubungan dengan kepuasan dan kesetiaan nasabah penelitian ini bertujuan untuk menggali kepuasan pelanggan di PT BPR Panji aronta penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jumlah sampel yang digunakan 117 nasabah dengan menggunakan teknik pengambilan dan probability sampling teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1. mutu pelayanan berpengaruh positif terhadap persediaan pelanggan pada PT BPR Panji aronta dengan Jombang 2. kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap kesediaan nasabah pada PT. BPR. Panji Aronta Bareng Jombang 3.mutu pelayanan dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kesetiaan nasabah.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, Kepuasan Nasabah, dan Loyalitas Nasabah.
References
Al-jazzazi, A., & Sultan, P. (2017). Demographic differences in Jordanian bank service quality perceptions. International Journal of Bank Marketing, 35(2), 275–297. https://doi.org/10.1108/IJBM-07-2016-0091
Almubarak, M., & Mohamed, J. (2017). The impact of customer service quality on customer satisfaction in Islamic banking. Journal of Islamic Marketing, 8(4), 1–11.
Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 585–593. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Al-jazzazi, A., & Sultan, P. (2017). Demographic differences in Jordanian bank service quality perceptions. International Journal of Bank Marketing, 35(2), 275–297. https://doi.org/10.1108/IJBM-07-2016-0091
Almubarak, M., & Mohamed, J. (2017). The impact of customer service quality on customer satisfaction in Islamic banking. Journal of Islamic Marketing, 8(4), 1–11.
Anwar, S., Min, L., & Dastagir, G. (2019). Effect of Service Quality , Brand Image , Perceived Value on Customer Satisfaction and Loyalty in the Chinese Banking Industry. International Journal of Business, Economics and Management Works, 6(3), 24–30.
Arcand, M., PromTep, S., Brun, I., & Rajaobelina, L. (2017). Mobile banking service quality and customer relationships, International Journal of Bank Marketing. International Journal of Bank Marketing, 35(7), 1066–1087.
Astuti, Y. W., Agriyanto, R., & Turmudzi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Syariah. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(3), 134–158. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i3.134-158
Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal Ecodemica, 2(1), 49–63. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2713
Cahyani, N. M., Indriyanto, E., & Masripah, S. (2016). Uji Validitas dan Reabilitas Terhadap Implementasi Aplikasi Penjualan dan Pembelian. Information System For Educators and Professionals, 1(1), 21–34.
Dam, S. M., & Dam, T. C. (2021). Relationships between Service Quality, Brand Image, Customer Satisfaction, and Customer Loyalty. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 585–593. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0585
Dewi, I. G. A. A. O. (2021). Mendiskusikan Hasil Pengujian Hipotesis Penelitian Dalam Penyusunan Disertasi : Sebuah Kajian Teoritis. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 31–39. https://doi.org/10.22225/kr.13.1.2021.31-39
Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84
Ekka, P. M. (2021). A review of observation method in data collection process. IJRTI International Journal for Research Trends and Innovation, 6(12), 17–19.
grocery Filipe, S., Marques, S. H., & Salgueiro, M. de F. (2017). Customers’ relationship with their store: Direct and moderating effects from store format and loyalty programs. Journal of Retailing and Consumer Services, 37, 78–88. https://doi.org/https://doi. org/10.1016/j.jretconser.2017.03.002
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yuni Febrianti putri, Tony Seno Aji, Winaika Irawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.