Analisis Kesulitan Berhitung Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kanatang
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.81Keywords:
Kesulitan, Berhitung, Siswa, Sekolah, Luar, Biasa.Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kesulitan berhitung siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Kanatang. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 siswa.Penelitian ini dilakukan melalui wawancara semistruktur serta pengamatan respon dari siswa selama wawancara berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan berhitung yang terbentuk oleh setiap siswa adalah berbeda.Terdapat 3 siswa mengalami asosiasi visual-motor, dan semua siswa kesulitan dalam menyebutkan tanda dan membedakan tanda.Kesulitan dalam membedakan angka juga dialami oleh 2 dari 5 siswa. Selanjutnya terdapat kesulitan lain diluar aspek yang diteliti yaitu perseverasi yang terjadi pada 2 siswa dan berdampak pada hasil pekerjaan akhir siswa.Pola kesulitan berhitung yang pertama adalah asosiasi visual-motor, kesulitan menyebutkan tanda, kesulitan membedakan tanda, kesulitan menggunakan operasi hitung bilangan disertai kesulitan lainnya yaitu perseverasi. Kesulitan berhitung yang kedua adalah asosiasi visual-motor, kesulitan membedakan angka, kesulitan menyebutkan tanda, kesulitan membedakan tanda, dan berakhir pada kesulitan menggunakan operasi hitung bilangan. Kesulitan berhitung yang ketiga adalah asosiasi visual-motor, kesulitan membedakan angka, kesulitan menyebutkan angka, kesulitan menyebutkan tanda, kesulitan membedakan tanda, dan kesulitan menggunakan operasi hitung bilangan. Pola kesulitan berhitung yang keempat adalah kesulitan menyebutkan tanda, kesulitan membedakan tanda, kesulitan menggunakan operasi hitung bilangan disertai kesulitan lainnya yaitu perseverasi.
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Davison, Gerald C. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Nisa’, Khoirun. 2011. Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VIII Semster II Pokok Bahasan Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Mts Negeri Bonang Tahun Pelajaran 2010/2011. Semarang: Skrpsi, Institut Agama Islam Megeri Walisongo.a
Sumantri, Jujun S. 2009. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharmini, Tin. 2004. Profil Anak Diskalkulia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutisna.2010. Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas IV MI YAPIA Parung-Bogor. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Tiel, Julia M. 2007. Anakku Terlambat Bicara, Anak berbakat dengan Disinkronitas Perkembangan: Memahami dan Mengasuhnya Membedakannya dengan Autisme, ADHD, dan Permasalahan Gangguan Belajar. Jakarta: Prenada