Urgensi Penyesuaian Sekolah Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.154Keywords:
Urgensi ,Sekolah, Kurikulum, MerdekaAbstract
Menurunnya minat dan kemampuan belajar dampak pandemi merupakan tantangan pendidikan ke depan, maka pihak sekolah mesti memahami esensi kurikulum baru yang diproyeksikan mengatasi problem tersebut. Tujuan penelitian difokuskan untuk mengungkap urgensi penyesuaian sekolah terhadap kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian dalam setting library research dengan analisis content isi. Hasil penelitian menyimpulkan: bahwa kesiapan sekolah untuk menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka Belajar merupakan aspek kunci dalam mencapai tujuan pendidikan. Sekolah mesti memahamkan komponan pendidik dan tenaga pendidikan tentang esensi dari kurikulum tersebut. Pemahaman yang komprehenship tentang hal tersebut berdampak baik terhadap tercapainya tujuan esensial yang dipromosikan pemerintah yakni "Pulih Bersama dan Pulih Lebih Kuat". Penelitian merekomendasikan agar pemerintah melakukan difusi kurikulum Merdeka Belajar secara massif demi maksimalnya implementasi kurikulum Merdeka Belajar
References
Anggraena, Y., Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswat, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Balitbangbuk. (2021). “Surat Keputusan Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukukuan Nomor 028/H/KU/2021 dan 029/H/KU/2021 tentang penerapan Capaian Pembelajaran pada Sekolah Penggerak SD, SMP, SMA, dan SMK.” Badan Penelitian Pengembangan Dan Perbukukuan. Kemendikbud
Bhasin, B., Gupta, G., & Malhotra, S. (2021). Impact of Covid-19 Pandemic on Education System. EPRA International Journal of Environmental Economics, Commerce and Educational Management, 8(2), 6–8. https://doi.org/10.36713/epra6363
Bskap. (2022). “Karakteristik kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas.” Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Cormier, C. J., McGrew, J., Ruble, L., & Fischer, M. (2022). Socially distanced teaching: The mental health impact of the COVID-19 pandemic on special education teachers. Journal of Community Psychology, 50(3), 1768–1772. https://doi.org/10.1002/jcop.22736
Ditpsd. (2022). “Kurikulum Merdeka.” Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Druzhinina, M., Belkova, N., Donchenko, E., Liu, F., & Morozova, O. (2018). Curriculum Design in Professional Education: Theory and Practice. SHS Web of Conferences, 50, 1–6. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185001046
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Glatthorn, A. A., Boschee, F., Whitehead, B. M., & Boschee, B. F. (2015). Curriculum Leadership: Strategies for Development and Implementation. Sage Publications, Inc.
Hartono, Y. (2017). Pendidikan Nasional dan Kualitas Manusia Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 7(2), 84–102. https://doi.org/10.25273/ajsp.v7i2.1491
Jonker, H., März, V., & Voogt, J. (2020). Curriculum flexibility in a blended curriculum. Australasian Journal of Educational Technology, 36(1), 68–84. https://doi.org/10.14742/ajet.4926
Kemendikburistek. (2023). “Implementasi Kurikulum Merdeka.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://kurikulum-demo.simpkb.id/
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516
Li, J. (2018). English pronunciation curriculum model on reading assistant SRS: Constructivism view. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 18(5), 1246–1254. https://doi.org/10.12738/estp.2018.5.024
Lie, A. (2022). Inovasi Kurikulum Merdeka. Kompas. https://www.kompas.id/
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Meij, L. W., & Merx, S. (2018). Improving curriculum alignment and achieving learning goals by making the curriculum visible. International Journal for Academic Development, 23(3), 219–231. https://doi.org/10.1080/1360144X.2018.1462187
Mendikbudristek. (2022). Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2020). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. California: SAGE Publications.
Molina, J., Hai, N. V., Cheng, P. H., & Chang, C. Y. (2021). Sdg’s quality education approach: Comparative analysis of natural sciences curriculum guidelines between taiwan and colombia. Sustainability, 13(6), 1–16. https://doi.org/10.3390/su13063352
Nafisah, N. F. (2018). Implementasi kurikulum Internasional Cambridge di SDII Al-Abidin Surakarta dan SD Integral Walisongo Sragen. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(2), 154–162. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8122
Napitupulu, E. L. (2022, February 11). “Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka Tidak Memaksa Sekolah.” Kompas. https://www.kompas.id/
Nurani, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Buku Saku Serba-Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar.
Onyema, E. M., Eucheri, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru dalam Implementasi Kurikulum. 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775
Qalam, M. N. (2021). Kesulitan guru agama dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatussa’adah Pontianak. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 76–84. https://doi.org/10.29406/tbw.v6i2.2782
Ramadhan, H., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan Upaya Peningkatan dan Motivasi Belajar E- Learning Management System (LMS) Pada Saat Pandemi. Jurnal Health Sains, 2(8), 1453–1460. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i8.287
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5. https://s3-csis-web.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/
Steff, N., & Făgăraş, P. S. (2021). Study regarding the interest of physical education students for college during the pandemic. Discobolul – Physical Education, Sport and Kinetotherapy Journal, 60(1), 624–634. https://doi.org/10.35189/dpeskj.2021.60.s9
Sweetland, R. (2018). Curriculum Definition Collection. The Educator’s Field Guide. https://www.homeofbob.com/
Wilson, L. O. (2017). Types of curriculum Definitions of the different types of curriculum. Thesecondprinciple.Com. https://evaeducation.weebly.com/
Zed, M. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.