PERAN KEGIATAN EKSRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA

Authors

  • Albertin Agit Arinta Ayu Lestari Kewa Bunga Kiloona Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Dwi Retnani Srinarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.151

Keywords:

Ekstrakurikuler, Pramuka, Pembentukan Karakter, Disiplin

Abstract

Pendidikan adalah salah satu sarana penting untuk menjadikan manusia lebih berkualitas. Manusia tidak mampu berkembang secara optimal tanpa adanya bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa SMA intensif taruna pembangunan Surabaya, mendeskripsikan pengembangan karakter disiplin siswa SMA intensif taruna pembangunan Surabaya dan mendeskripsikan dan menganalisis peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan karakter disiplin siswa SMA intensif taruna pembangunan Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, peneliti berperan sebagai pengamat partisipan selama proses ekstrakurikuler pramuka data diambil melalui observasi,wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan selama satu kali dalam seminggu dengan beberapa kegiatanya seperti latihan rutin, jelajah alam, dan persami. Penanaman karakter disiplin terbukti dengan kurangnya disiplin pada siswa SMA intensif taruna pembangunan Surabaya.

 

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991. Byne, Rhonda, The Secret, Jakarta: Gramedia, 2007.

Asmani, Jamal Ma’mur. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Jogjakarta: Diva Press, 2013

Azwar, Azrul. Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga, 2012..

Creswel, John W, Reasearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, 2008. Doni A. Koesoema, , Tiga Matra Pendidikan Karakter, Basis. 2007

Darmiatun. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Hidayat, A.A. Metode penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, 2017

Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Zainuddin Fanani. 1991. Hakikat Disiplin. Bulletin an-nada no 1 tahun 1 November

Langgulung, Hasan. Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al Husna, 2012

Moleong, L. J. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2017 Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif,(Edisi Revisi), Bandung: Remaja Rosda Karya, (2015

Narbuko, Cholid. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Pramito Tu’u, Tulus. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo, 2004.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018. 51

Sunardi, Andri BOB. 2010. BOYMAN Ragam Latihan Pramuka. Jakarta Pusat: Nuansa Muda Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa,.1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:Balai Pustaka Widagdho, Djoko dkk. 1994.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. Dodi, Limas, Metodologi Penelitian,

Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2015. Malang: CV. Artha Group Santoso Sastropoetra. Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Penerbit Alumni Slameto. 2003

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Albertin Agit Arinta Ayu Lestari Kewa Bunga Kiloona, & Dwi Retnani Srinarwati. (2023). PERAN KEGIATAN EKSRAKULIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SMA INTENSIF TARUNA PEMBANGUNAN SURABAYA. Simpati, 1(2), 15–30. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i2.151