IMPLEMENTASI METODE WEB ENGINEERING DALAM PEMBUATAN MARKETPLACE BERBASIS WEB UNTUK UMKM STUDENT’S BUSINESS CORNER DI KAMPUS UCIC

Authors

  • Petrus Sokibi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Suwandi Suwandi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Rafly Mauladi Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.59024/jiti.v2i4.947

Keywords:

Web Engineering, Marketplace, UMKM, Kewirausahaan

Abstract

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara kita berinteraksi, berbelanja, dan berbisnis secara signifikan. Student’s Business Corner (SBC) yang terletak di lingkup kampus UCIC, memiliki potensi besar dalam sektor UMKM. UMKM di Student’s Business Corner (SBC) memiliki produk-produk yang unik dan beragam, tetapi seringkali kesulitan dalam mengakses pasar yang lebih luas karena keterbatasan sumber daya dan aksesibilitas. Metode Web Engineering menawarkan pendekatan sistematis dalam pengembangan aplikasi web yang dapat membantu mengatasi tantangan yang dihadapi dalam pengembangan marketplace untuk SBC. Dengan pendekatan ini, proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan secara terstruktur, mulai dari perencanaan, analisis kebutuhan, desain, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan

References

Ramadhani, A., & Novita, N. (2021). Target Costing sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing UMKM melalui Kemitraan Marketplace. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 2, 748–765.

Purnia, D. S., Herlina, Y., & Ratningsih, R. (2021). Implementasi Metode Watterfall pada Aplikasi Marketplace Laundry Berbasis Android. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(2), 159-168.

Heningtyas, Y., & Risnawati, H. (2020). Aplikasi Marketplace Penyewaan untuk Koperasi Mengunakan Laravel. Jurnal Komputasi, 8(1), 40-49.

Sokibi, P., Nas, C., Kartika, V. D., Hanifah, A. N., Salsabilah, A., Aprilia, N., & others. (2024). Pembuatan Sistem Pemesanan Makanan Berbasis Web Pada UMKM Iin’s Kitchen. Jurnal Pengabdian UCIC, 2(3).

Sari, W. M., Amran, A., & Wijaya, H. O. L. (2020). Penerapan E-Commerce Menggunakan Metode Extreme Programming Pada Umkm Kabupaten Muratara. Jusikom: Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 5(2), 136–144.

Ayu Latifah, Wiyoga Baswardono, Penerapan Metode Web Engineering dalam Pembangunan Sistem Pengelolaan GedungOlahraga Badminton Berbasis Web, Institut Teknologi Garut,

Vol.20;No. 2; 2023; Hal 364-375

Prabowo, Wahyu Adi, and Citra Wiguna. "Sistem informasi UMKM bengkel berbasis web menggunakan metode scrum." Jurnal Media Informatika Budidarma 5.1 (2021): 149-156.

Downloads

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles