Perkembangan serta Peran Ekonomi Kreatif di Indonesia dari Masa ke Masa
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.810Keywords:
ekonomi kreatif, perkembangan, peranAbstract
Ekonomi kreatif telah menjadi fokus penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak diperkenalkan pada tahun 2006. Sektor ini telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, terbukti dari sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), penyerapan tenaga kerja, dan ekspor produk kreatif. Meskipun demikian, dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, subsektor digital seperti aplikasi dan permainan telah menguasai panorama ekonomi kreatif. Kendati begitu, masih ada tantangan yang dihadapi sektor ini, seperti kekurangan infrastruktur pendukung, akses pembiayaan yang terbatas, dan rendahnya tingkat pendidikan kreatif. Untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di masa depan, diperlukan strategi yang menyeluruh dan kerjasama antara pemerintah, industri, dan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengevaluasi perkembangan serta peran ekonomi kreatif di Indonesia, mengidentifikasi tantangan dan peluang yang ada, serta menyusun rekomendasi kebijakan untuk pengembangan sektor ini ke depan.
References
Afiat, N. K. (2023). EKONOMI KREATIF: STUDI DAN PENGEMBANGANNYA. Penerbit Tahta.
BPS. (2020). bps.go.id. Retrieved from Statistik Ekonomi Kreatif.
Damanik, S. (2022). Dampak Peranan Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Umkm Di Masa Transisi (Cafe Lookup Kota Tasikmalaya). Transekonomika.
Hidayat. (2019). Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dalam Mendukung Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jurnal Hukum dan Pembangunan, 327-348.
Howkins. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Penguin.
Kemenparekraf. (2020). Laporan Tahunan Ekonomi Kreatif.
Nafisatul Aulia, R. M. (2022). DOI: 10.47353/bj.v2i1.71177Website: www.ojs.berajah.comSTUDI PEMULIHAN DAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SUB-SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI (COVID-19)DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMIDI PROVINSI SUMATERA SELATAN. Berajah Journal.
Priyono. (2018). Ekspor Produk Kreatif Indonesia: Analisis dan Strategi Peningkatan . Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 45-58.
Sidauruk. (2013). Peningkatan peran pemerintah daerah dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Bina Praja.
Suryana. (2017). Transformasi Ekonomi Kreatif di Indonesia: Peluang dan Tantangan . Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 123-134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.