ANALISA PERILAKU KONSUMEN MAHASISWI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM KELAS A SEMESTER 4 TERHADAP PRODUK TREND FASHION PUBLIC FIGURE DI TINJAU DARI TEORI KONSUMSI ISLAM

Authors

  • Cinta Rahmi STIE Ganesha
  • Elpira Pebrian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Fidha Nabila Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Thariq Aziz Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Al Fuji Istiqamah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.710

Keywords:

consumer behavior, fashion trend products, public figures, islamic consumption theory

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap publik figure dengan menggunakan pendekatan teori konsumsi Islam. Konsumsi menurut Islam merupakan konsumsi yang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan seseorang saja akan tetapi juga diniatkan untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara mengkonsumsi sesuatu yang telah ditentukan oleh ajaran Islam. Dalam konteks ini, kami memfokuskan pada kelompok kelas A jurusan Pengembangan Masyarakat Islam semester 4 sebagai studi kasus. Dengan menggunakan kerangka teoritis yang relevan, kami mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai, norma-norma, dan prinsip-prinsip konsumsi Islam mempengaruhi perilaku konsumen terhadap publik figure. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi terhadap Mahasiswi kelas A Pengembangan Masyarakat Islam semester 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti integritas, kejujuran, dan konsistensi dengan nilai-nilai Islam memainkan peran penting dalam menentukan sikap dan perilaku konsumen terhadap publik figur di kalangan kelas A Pengembangan Masyarakat Islam semester 4. Mahasiswi pengembangan Masyarakat Islam mengikuti perkembangan produk trend fashion tapi masih mengikuti aturan-aturan syari’at dalam memilih trend fashion sesuai aturan syari’at. Namun, dalam hal mengikuti perkembang trend fashion yang selalu berubah-ubah menyebabkan perubahan kebutuhan menjadi keinginan sesaat. Kemudian menimbulkan pola konsumsitif pada mahasiswi Pengembangan Masyarakat Islam khususnya pada kelas A semester 4.

 

References

Syaparuddin. (2021). Edukasi Ekonomi Islam Perilaku Konsumen Muslim. Yogyakarta: TrusMedia Publishing.

Fauzia, I. Y. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Persepektif Maqasid Al-Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kafh, M. (1995). Ekonomi Islam (Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Islam). Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR .

Rozalinda. (2015). Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta : Rajawali Pers.

Tambunan, I., & Alizon, J. (2023). Pengaruh Trend Muslimah Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Journal of Sharia and Law, 2(2), 485-498.

Ayunda, A., & Huda, N. (2018). Analisis Terhadap Perilaku Konsumen Produk Fashion Muslim. Journal of Economics and Business Aseanomics, 3(2).

Putra, R. (2017). Analisis Perilaku Konsumsi Mahasiswi Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam Mengikuti Trend Fashion (Sebuah Telaah Teori Konsumsi Islam). Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah, 13(2).

Fitra, Z., Hasnita, N., & Jalaluddin, J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Konsumen Remaja Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Ekobis Syariah, 2(1), 30-43.

Anggraini, M., Nusrida, H., & Kamarni, N. (2022). Pola Prilaku Konsumsi Muslimah Generasi Z Terhadap Produk Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Uin Imam Bonjol). Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 5(3), 52-64.

Rizqiningsih, Sri. (2013). Analisis Perilaku Konsumen Muslim dalam Hal Trend Jilbab Perspektif Teori Konsumsi Islam (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Syari’ah Jurusan Ekonomi Islam Angkatan 2009 IAIN Walisongo Semarang).

Azam, R. (2023). Perilaku Konsumtif Mahasiswi Terhadap Trend Fashion Masa Kini Menurut Ekonomi Islam (Studi Mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2020-2021) (Doctoral dissertation, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Safitri, K., Nurhasanah, N., & Surahman, M. (2017). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kosmetik ditinjau dari Teori Konsumsi Islam (Studi Kasus pada Mahasiswi Fakultas Syari'ah UNISBA). Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 499-505.

Nisak, K. (2023). Perilaku Konsumsi Mahasantri Putri Mahad Al-Jamiah IAIN Ponorogo Dalam Perspektif Islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Pujiyono, A. (2006). Teori Konsumsi Islami. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 3(Nomor 2).

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Cinta Rahmi, Pebrian, E., Fidha Nabila, Muhammad Thariq Aziz, & Al Fuji Istiqamah. (2024). ANALISA PERILAKU KONSUMEN MAHASISWI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM KELAS A SEMESTER 4 TERHADAP PRODUK TREND FASHION PUBLIC FIGURE DI TINJAU DARI TEORI KONSUMSI ISLAM. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(3), 09–16. https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.710

Issue

Section

Articles