Efektivitas Metode Pembiasaan Akhlak Mulia dalam Menanamkan Nilai-Nilai Tasawuf pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Metode Pembiasaan: Strategi Membangun Akhlak Mulia
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v3i1.1057Keywords:
Efektivitas Metode Pembiasaan Akhlak MuliaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai tasawuf pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Saat ini, banyak sekolah menghadapi tantangan dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter secara efektif. Metode pembiasaan hadir sebagai solusi potensial, dengan pendekatan bertahap dan konsisten yang memungkinkan nilai-nilai tasawuf terinternalisasi secara alami dalam kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan data diperoleh dari buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan berbasis tasawuf sangat efektif diterapkan pada siswa MI. Tasawuf berfokus pada pengembangan akhlak mulia melalui pendekatan hati, yang menekankan cinta kepada Allah SWT dan kesadaran spiritual.
References
Amiruddin, Amiruddin. “Urgensi Pendidikan Akhlak : Tinjauan Atas Nilai Dan Metode Perspektif Islam Di Era Disrupsi.” Journal of Islamic Education Policy 6, no. 1 (2021): 1–19. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i1.1474.
Ariyanti, Dwi, Munawir Munawir, and Mas’uliyyah Mas’uliyyah. “Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa MI.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2023): 98–104. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i2.3653.
Fauziah, Irma. “Urgensi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 8, no. 1 (2023): 87–102. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v8i1.5312.
Indana, Nurul. “Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Akhlak Di MI Al-Urwatul Wutsqo Jombang (Studi Analisis Pemuliaan Akhlak Dampak Pandemi).” Tasyri’: Jurnal Tarbiyah – Syari’ah Islamiyah 29, no. 02 (2016): 86–95. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
Muhaimin, Abdul. “Strategi Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari.” Nidhomul Haq 2, no. 1 (2017): 26–37.
Mustopa, Mustopa. “Akhlak Mulia Dalam Pandangan Masyarakat.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2019): 261–81. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.581.
Nadya Riska, Cut. “Urgensi Sifat Syukur Menurut Al-Quran Dan Pengembangannya Dalam Konseling Islam.” UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry, 2020. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35993.
Nur Fauzi, Alfi Restu, and Kurnia Sari Wiwaha. “Menerapkan Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Nilai Tasawuf Dalam Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Para.” Jurnal Virtuous 1 (2024): 58–72. https://journal.stai-almujtama.ac.id/index.php/virtuous.
Parihin, P, H Rusandi, N Hidayah, and ... “Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah.” Journal of Millenial … 1, no. 1 (2022): 11–22. https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME/article/view/8.
Ragil Dian Purnama Putri, and Veni Veronica Siregar. “Urgensi Menanamkan Akhlak Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2021): 39–50. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-04.
Susanti, Roza. “NILAI-NILAI TASAWUF DALAM KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HAMKA.” Pharmacognosy Magazine 75, no. 17 (2021): 399–405.
Yasin, Nur, and Sutiah Sutiah. “Penerapan Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak Santri Pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang.” Al-Musannif 2, no. 1 (2020): 49–68. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v2i1.37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.