ANALISIS KELAYAKAN USAHA PADA USAHA PABRIK KERUPUK BAROKAH

Authors

  • Siska Nurchofifa Politeknik Negeri Jember
  • Diah Nur Hayati Politeknik Negeri Jember
  • Sintyowati Sintyowati Politeknik Negeri Jember
  • Lukmanul Khotimah Politeknik Negeri Jember
  • Maritza Azhara Politeknik Negeri Jember
  • Ragil Aditiya Dharmawan Politeknik Negeri Jember
  • Oryza Ardhiarisca Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.59024/jise.v2i2.679

Abstract

Berkembangnya usaha Kerupuk Barokah tersebut menjadikan informasi menjadi hal yang sangat penting peranannya dalam menunjang jalannya pemasaran kerupuk ini karena sebagian besar pemasarannya dilakukan dari mulut ke mulut. Melihat potensi yang dimiliki, maka pabrik kerupuk Barokah ini perlu penanganan yang tepat agar kedepannya dapat lebih berkembang dan mampu bersaing dengan usaha sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha pada Pabrik Kerupuk Barokah. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Legalitas usaha ini masih belum lengkap, tetapi hal ini umum untuk usaha kecil. Aspek keuangan melibatkan biaya produksi, omset harus lebih tinggi dari biaya produksi agar mendapat keuntungan. Usaha ini memanfaatkan alat produksi, dan usaha ini dikelola oleh Bapak Sutrisno dan dibantu 5 karyawan. Adanya penelitian ini diharapkan dapat menyadarkan pemilik akan pentingnya legalitas hukum.

References

Edinda Reni Yanti, D. Z. (2023). Analisis Kelayakan Usaha Brownis Edamame Sebagai Sumber Makanan Fungsional Dan Pusat Oleh-Oleh Khas Jember. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Nusantara, 134-141.

Agustina, T. S. (2015). KEWIRAUSAHAAN: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UMKM Indonesia. Mitra Wacana Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-03-21

How to Cite

Siska Nurchofifa, Diah Nur Hayati, Sintyowati Sintyowati, Lukmanul Khotimah, Maritza Azhara, Ragil Aditiya Dharmawan, & Oryza Ardhiarisca. (2024). ANALISIS KELAYAKAN USAHA PADA USAHA PABRIK KERUPUK BAROKAH. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(2), 111–118. https://doi.org/10.59024/jise.v2i2.679

Issue

Section

Articles