PERENCANAAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING MENGGUNAKAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHODE SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PENGEMBANGAN PERUSAHAAN (Studi kasus di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie)

Authors

  • Rakhmadi Rahman Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie

DOI:

https://doi.org/10.59024/jiti.v1i2.237

Abstract

Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan satu dari Lima institut teknologi negeri di Indonesia dan satu-satunya di Sulawesi, tepatnya di Parepare Sulawesi Selatan. Hadirnya ITH diharapkan dapat mendukung perkembangan dan pembangunan potensi daerah di Sulawei Selatan khususnya Kota Parepare. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan ketersedian fasilitas/sarana yang memadai untuk terlaksananya kegiatan operasional dan tata kelola institusi yang baik. Dalam menunjang proses bisnis di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie dibutuhkan perancangan Sistem Informasi yang baik dengan perencanaan yang terstruktur agar tidak ada kegagalan dan masalah pada penerapan Sistem Informasi tersebut, maka untuk menciptakan keselarasan antara strategi bisnis organisasi dan teknologi informasi dirancang sebuah Enterprise Resource Planning.

Perancangan Enterprise Resourch Planning di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie menggunakan framework TOGAF ADM yang bersifat fleksibel dan cocok diimplementasikan untuk organisasi yang belum meiliki arsitektur enterprise. Penelitian ini menghasilkan Blueprint srsitektur enterprise yang merupakan arsitektur utama yaitu arsitektur bisnis, arsitektur data dan arsitektur aplikasi yang telah disesuaikan dengan proses bisnis di Institut Teknologi Bacharuddin Jusuf Habibie.

Downloads

Published

2023-04-22

Issue

Section

Articles