Pengaruh Customer Relationship Management Dan Brand Image Terhadap Patient Satisfaction Di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v1i4.329Abstract
Mebangun customer relationship management dan brand image sebagai upaya peningkatan patient satisfaction. Klinik Pratama Aulia 1 Jombang menerapkan customer relationship management dengan membudayakan sapa dan senyum serta menerapkan brand image yang baik sesuai dengan falsafah perusahaan. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer relationship management dan brand image terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang. Penelitian ini berfokus pada pasien rawat jalan di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 125 pasien dengan menggunakan teknik pengambilan nonprobility sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang (2) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang (3) customer relationship management dan brand image berpengaruh positif dan simultan terhadap kepuasan pasien di Klinik Pratama Aulia 1 Jombang.
References
Abekah-nkrumah, G., Antwi, M. Y., Braimah, S. M., & Ofori, C. G. (2020). Customer relationship management and patient satisfaction and loyalty in selected hospitals in Ghana. https://doi.org/10.1108/IJPHM-09-2019-0064
Absah, Y., Rini, E. S., Azmi, A., Arif, C., & Utara, U. S. (2020). The Influence Of Servicescape , Brand Image And Customer Relationship Management On Customer Satisfaction And Customer Loyalty At Fast Food In Medan City. 29(8), 33–45.
Bagaskoro. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Adira Finance Cabang Cimanggis. Journal of Industrial Engineerinng & Management Research, 2(3), 161–177.
Cham, T. H., Cheng, B. L., Low, M. P., & Cheok, J. B. C. (2020). Brand Image As The Competitive Edge For Hospitals In Medical Tourism. 33(1). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2019-0269
Dewi, S. N., & Sukesi. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Pada Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(1), 9–21. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v3i1.105
Faiturohmi, R., & Pramudyo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tempel I Sleman. 11(2), 81–99.
Faizah, Sumaryono, W., & Derriawan. (2020). Pengaruh Customer Relationship Manajemen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Dampaknya Kepada Loyalitas Pasien Non Bpjs. 4(1).
Ferianda, A. S., Indrajaya, D., & Muchtar, A. H. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management & Brand Image terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada RS. Baiturrahim Jambi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 759–775. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575098
Hanaysha, J. R., Al-shaikh, M. E., & Kumar, P. (2022). An Examination Of Customer Relationship Management And Business Sustainability In Small And Medium Enterprises. 13(1), 1–20. https://doi.org/10.4018/IJCRMM.300832
Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096
Ma’ruf, K. (2021). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction of Sate H. Pardi Restaurant Branch Dr. M. Isa. Intternational Journal of Marketing & Human Resorce Rersearch, 2(2), 89–97. http://140.116.249.155/file.php/66423/CB_Final-Telecom_in_Vietnam.pdf
Ni’am, M. K., & Institut. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Melalui Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak “Fatimah” Lamongan.
Rahmawati, Y. O., Kusniawati, A., & Setiawan, I. (2019). Pengaruh Customer Reationship Managemet Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Konsumen Bahana Ciamis). 1, 102–115.
Syahrazad, I. F., & Hanifa, F. H. (2019). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk the Body Shop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Telkom ) Tahun 2018 the Influence of Brand Image on the Decision of Purchasing the Body Shop Products ( Case Study of Telkom University ’ S Stu. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 5(1), 65–73.
Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Produk Republik Natur Di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203–211.
Warsela, M., Wahyudi, A. D., & Sulistiyawati, A. (2021). Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT FIF Group). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 78. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/870/357
Widyana, S. F., & Firmansyah, H. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Rahayu, Lilis Sugi Rahayu Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.