Strategi Pengembangan Toko Kelontong di Kecamatan Gayungan
DOI:
https://doi.org/10.59024/jise.v2i4.956Keywords:
gayungan, strategi pengembangan, toko kelontongAbstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pengembangan yang diterapkan oleh toko kelontong di Kecamatan Gayungan untuk bersaing dengan toko ritel modern. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara terhadap 22 pelaku usaha toko kelontong yang terdaftar di Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Surabaya. Strategi pengembangan meliputi permodalan, manajemen keuangan, mutu produksi, strategi pemasaran, legalitas usaha, dan tanggung jawab sosial perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa toko kelontong menggunakan modal internal (seperti tabungan pribadi) dan eksternal (seperti pinjaman bank dan bantuan pemerintah). Mereka juga melakukan manajemen keuangan dengan pembukuan sederhana dan penganggaran, memilih pemasok berkualitas untuk memastikan mutu produk, menggunakan strategi pemasaran online melalui aplikasi PEKEN Surabaya dan WhatsApp, mengurus legalitas usaha seperti NIB (Nomor Induk Berusaha), serta melakukan kegiatan tanggung jawab sosial. Strategi ini bertujuan mengembangkan dan mempertahankan keberlanjutan usaha toko kelontong di tengah persaingan dengan ritel modern.
References
Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik Covid-19 di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(2), 139–146.
Andrikasmi, S., Firdaus, E., Edorita, W., & Diana, L. (2021). Sosialisasi Pengembangan Model Implementasi Corporate Social Responsibility ( CSR ) Berbasis Pemberdayaan Perempuan di Desa Kuala Semundam Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.
Ardansyah, Patmarina, H., & Sitanggang, D. P. (2023). Pengembangan UMKM Toko Kelontong Konvensional SRC Tata Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian UMKM, 2(2).
Ariyanto, A., Bangun, R., Indillah, M. R. M., Trenggana, A. F. M., Sholihah, D. R., Ariyanti, M., Widiati, E., Irawan, P., Ratih, S. D., Ismail, R. S., Putra Defin Shahrial, Utama Amrin Mulia, Syahputra, & Bancin John Budiman. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN (Saripudin Udin, Ed.). Penerbit Widina Bhakti Persada.
Arnold, P. W., Nainggolan, P., & Damanik, D. (2020). Analisis Kelayakan Usaha dan Strategi Pengembangan Industri Kecil Tempe di Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. EKUILNOMI : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1).
Devi, R. (2021). Pengaruh Modal Usaha Dan Sikap Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Usaha Kecil (Mikro) Di Kawasan M. Said Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 36– 45.
Fahrial, Utama, A. S., & Dewi, S. (2019). Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Pembangunan Perekonomian Desa. Jurnal Wawasan Yuridika, 3(2), 251–264.
Joseph, F. H. J., William, C. B., Barry, J. B., & Rolph, E. A. (2019). Multivariate Data Analysis
(7th ed.). Cengage Learning.
Kusmanto, H., & Warjio, W. (2019). Pentingnya Legalitas Usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2).
Muhzinat, Z., & Achiria, S. (2019). Dampak Keberadaan Minimarket terhadap Toko Kelontong di Pasar Klampis Kabupaten Bangkalan Madura. Iqtishadia: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2).
Nurdewanto, B., & Nugroho, F. A. (2020). WEBSITE “E-TOKEL” UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO KELONTONG SARI NUGRAHA MALANG. Jurnal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang .
Purwanto, H., Yandri, D., & Yoga, M. P. (2022). PERKEMBANGAN DAN DAMPAK FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) TERHADAP PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN DI MASYARAKAT. Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis, 11(1).
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Dalam Perekonomi Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33–64.
Yuliawati, E. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi Pelaku Usaha. Indonesian Journal of Community Engagement, 6(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.