Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce dengan Media Kalender Bekas Anak Kelompok A TK Negeri Gayamsari Kota Semarang Semester II Tahun Ajaran 2022 / 2023

Authors

  • Surahmi Surahmi TK N Gayamsari

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.470

Keywords:

energy, fine motor, physical skills

Abstract

In early childhood, a child has high energy. This energy is needed to perform various activities to improve physical skills related to fine motor skills, such as shaping or manipulating from clay/wax/dough, drawing, coloring, sticking, cutting, cutting, stringing objects with thread (meronce). These activities serve to train coordination between eyes and hands, which can be developed through play activities (Sumantri, 2005: 145).

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Azwar, Syaifuddin. 2005. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ena, Ouda Teda. 2006. “Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi”. Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma. www.ialf.edu/kipbipa/papers/oudatedaena.doc. (16-04-2017).

Hamalik, Oemar. 2006. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, Elizabeth Bergner. 1978. Perkembangan Anak Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa.Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Komariyah dan Soeparno. 2010. “Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10, (1)

Rilia, Dessy. 2012. “Tahap-Tahap Perkembangan Anak dalam Meronce”. http://dessyrilia.blogspot.com/2012/11/tahap-tahap-perkembangan-anak-dalam.html. Pada tanggal 07 Maret 2017. Jam 09.02 WIB.

Ramli, M. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Rasyid, Harun, Mansur dan Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi ke Sebelas Jilid 1. (Med Mila Rachmawati). Jakarta: Erlangga.

Subarnas, Nanang. 2006. Terampil Berkreasi. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suwanto, Sunardi, dkk. 2010. Ayo Belajar di Sekolah untuk Kelas 3 B. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Departemen Jenderal Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Surahmi Surahmi. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce dengan Media Kalender Bekas Anak Kelompok A TK Negeri Gayamsari Kota Semarang Semester II Tahun Ajaran 2022 / 2023. Simpati, 1(4), 166–175. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.470

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.