Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce dengan Media Kalender Bekas Anak Kelompok A TK Negeri Gayamsari Kota Semarang Semester II Tahun Ajaran 2022 / 2023
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.470Keywords:
energy, fine motor, physical skillsAbstract
In early childhood, a child has high energy. This energy is needed to perform various activities to improve physical skills related to fine motor skills, such as shaping or manipulating from clay/wax/dough, drawing, coloring, sticking, cutting, cutting, stringing objects with thread (meronce). These activities serve to train coordination between eyes and hands, which can be developed through play activities (Sumantri, 2005: 145).
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Azwar, Syaifuddin. 2005. Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ena, Ouda Teda. 2006. “Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi”. Yogyakarta: Indonesian Language and Culture Intensive Course Universitas Sanata Dharma. www.ialf.edu/kipbipa/papers/oudatedaena.doc. (16-04-2017).
Hamalik, Oemar. 2006. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hurlock, Elizabeth Bergner. 1978. Perkembangan Anak Edisi keenam (Med. Meitasari Tjandrasa.Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Komariyah dan Soeparno. 2010. “Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 10, (1)
Rilia, Dessy. 2012. “Tahap-Tahap Perkembangan Anak dalam Meronce”. http://dessyrilia.blogspot.com/2012/11/tahap-tahap-perkembangan-anak-dalam.html. Pada tanggal 07 Maret 2017. Jam 09.02 WIB.
Ramli, M. 2005. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Rasyid, Harun, Mansur dan Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi ke Sebelas Jilid 1. (Med Mila Rachmawati). Jakarta: Erlangga.
Subarnas, Nanang. 2006. Terampil Berkreasi. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Senirupa Anak SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Suwanto, Sunardi, dkk. 2010. Ayo Belajar di Sekolah untuk Kelas 3 B. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Syaodih, Ernawulan. 2005. Bimbingan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Departemen Jenderal Pendidikan Tinggi.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.
Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.