Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Rumah Sakit Columbia Asia Medan

Authors

  • Farah Ananda Lubis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Irwan Padli Nasution Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59024/jise.v2i1.544

Abstract

Rumah sakit sangat membutuhkan sistem informasi manajemen (SIM) untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Tantangan di bidang kesehatan begitu kompleks sehingga pelayanan kesehatan menjadi isu penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan efisiensi pelayanan medis di rumah sakit. Tujuan dari SIM Rumah Sakit Terpadu (SIMRS) adalah untuk mengintegrasikan fungsi-fungsi utama rumah sakit ke dalam suatu sistem terintegrasi yang disimpan dalam database pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memetakan data untuk pelaksanaan SIMRS. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem perangkat lunak SIMRS yang disesuaikan, pemahaman tentang infrastruktur dan kemampuan TI, serta pemetaan yang tepat adalah kunci implementasi SIMRS. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi rumah sakit dan peneliti, khususnya yang berkepentingan untuk meningkatkan penerapan SIMRS pada pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kabupaten dan provinsi.

References

Abdul, K. (2002). Pengenalan Sistem Informasi, Penerbit Andi Yogyakarta.

Adikoesoemo, S. (1994). Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Azis, A. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Remaja Di Puskesmas Bantul II Kabupaten Bantul. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 92-92.

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2004). Management information systems: Managing the digital firm. Pearson Educación.

Menkes, R. I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 82 tahun 2013 tentang sistem informasi manajemen Rumah Sakit, no. 87. Jakarta: Sekretariat Negara.

Oetomo, B. S. D. (2002). Perencanaan dan pembangunan sistem informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Farah Ananda Lubis, & Muhammad Irwan Padli Nasution. (2024). Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pada Rumah Sakit Columbia Asia Medan. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(1), 69–75. https://doi.org/10.59024/jise.v2i1.544

Issue

Section

Articles