ACCOUNT REPRESENTATIVE (AR) PERFORMANCE: SELF-DETERMINATION THEORY (SDT) PERSPECTIVE

(AN EMPIRICAL STUDY IN ALL PRIMARY TAX SERVICE OFFICES IN SOUTH SULAWESI)

Authors

  • Muh. Iphan Universitas Atma Jaya Makassar
  • Oktavianus Pasoloran Universitas Atma Jaya Makassar
  • Fransiskus E. Daromes Universitas Atma Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59024/jise.v3i2.1182

Keywords:

Human Relation, Etos Kerja, Kerja Sama Tim, Motivasi Kerja, Account Representative

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model teoritik penelitian ini dalam perspektif Self Determination Theory yang menjelaskan bagaimana manusia memiliki tiga ‎kebutuhan psikologis, yaitu relatedness, effectance, and autonomy. Manusia pada dasarnya ‎termotivasi untuk menjalin hubungan dengan orang lain dalam lingkungan sosial (relatedness), ‎untuk berfungsi secara efektif dalam lingkungan (effectance), dan memiliki inisiatif sendiri untuk ‎melakukannya (autonomy).‎ Secara keseluruhan model penelitian adalah untuk menguji bagimana Human relation memengaruhi etos kerja melalui peran mediasi kerja sama tim dan motivasi kerja account representative.   Penelitian dilakukan melalui metode survey online pada seluruh account representative yang ada pada Seluruh Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Sulawesi Selatan yang dipilih dengan metode purposive sampaling. Analisis dan pengilahan data dilakukan dengan menggunakan regresi berganda dan analisis jalur dengan pengujian sobel. Hasil penelitian membuktikan bahwa human relation mempengaruhi secara siginfikan terhadap kerja sama tim maupun motivasi kerja account representative. Dan konfirmasi hasil pengujian sobel membuktikan bahwa human relation memengaruhi secara signifikan etos kerja melalui peran mediasi kerja sama tim dan motivasi kerja account representative.

Downloads

Published

2025-04-09

How to Cite

Muh. Iphan, Oktavianus Pasoloran, & Fransiskus E. Daromes. (2025). ACCOUNT REPRESENTATIVE (AR) PERFORMANCE: SELF-DETERMINATION THEORY (SDT) PERSPECTIVE : (AN EMPIRICAL STUDY IN ALL PRIMARY TAX SERVICE OFFICES IN SOUTH SULAWESI). JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 3(2), 15–34. https://doi.org/10.59024/jise.v3i2.1182

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.