Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Papan Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Authors

  • Afidatul Muniroh Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Bekti Wirawati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Darsono Darsono SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.917

Keywords:

TaRL Approach, Learning Results, Mathematics

Abstract

The mathematics learning results of grade IV students of SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya were initially still relatively low, there were still many students who had difficulties with the concept of presenting bar chart data. For this reason, the researcher conducted a study with the aim of finding out the improvement of student learning results by using the Teaching at The Right Level (TaRL) approach in grade IV mathematics learning at SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya. This research uses the type of Classroom Action Research (PTK). The subject of the study was 28 students in class IV. In the 1st cycle stage, only 32.2% of students achieved the completeness of learning results, this percentage then experienced a significant increase to 82.1% in the 2nd cycle. Based on this study, it can be concluded that the Teaching at The Right Level (TaRL) approach can improve student learning results in mathematics subjects, especially data presentation materials in grade IV of SDN Dukuh Kupang II/489 Surabaya.

References

Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. (2023). Analisis asesmen diagnostik pada model pembelajaran project based learning di kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1), 253.

Apriliani, Y., Nur Arif, M., Sutriyani, W., & Wakit, A. (2023). Efektivitas model problem based learning berbantuan media padi (papan diagram) terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(3), 172–179. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i3.129

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Cahyani, B. R. (2024). Pengembangan media pembelajaran Padang (papan diagram batang) pada materi penyajian data kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 55–65.

Hayati, B. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media konkret pada siswa kelas IV SDN 5 Anjani Kecamatan Suralaga. Pendawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1(1), 174–186.

Komariyah, N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh media PADI (papan diagram) terhadap minat belajar matematika siswa kelas V. Jurnal SANTIKA, 1, 706–726.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui pendekatan TarlModel PBL dalam matematika kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Meilawati, F. D. (2022). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 158–166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78

Mubarokah, S. (2022). Tantangan implementasi pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam literasi dasar yang inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur Syahratul. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Nurhaidah, Insya, & Syafrina, A. (2020). Implementasi keterampilan mengajar mengelola kelas dalam proses pembelajaran oleh guru di SD Negeri 34 Banda Aceh. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 8(2), 17–24. https://doi.org/10.1038/s41421-020-0164-0

Peto, J. (2022). Melalui model Teaching At Right Level (TARL) metode pemberian tugas untuk meningkatkan penguatan karakter dan hasil belajar narrative text di kelas X IPK 3 MAN 2 Kota Payakumbuh semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419–12433.

Putri, J., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330–345. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.1

Saputra, D. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan media benda konkret di kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 1–7.

Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372

Silvia Masithoh, A., & Wijayanti, A. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika materi diagram garis melalui penggunaan media papan diagram pada siswa kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 7(1), 1–7.

Sintiani, M., Sukmanasa, E., & Dhiani, A. N. (2024). Pengaruh penggunaan pendekatan TaRL berbantuan media konkret papan dadu diagram terhadap hasil belajar matematika kelas IV di SDN Kedung Badak 2. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4468–4482.

Published

2024-09-05

How to Cite

Afidatul Muniroh, Bekti Wirawati, & Darsono Darsono. (2024). Penerapan Pendekatan TaRL Berbantuan Media Papan Diagram untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Simpati, 2(4), 26–36. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.917

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.