Penerapan Strategi ‘Ada Tawa Ceria’ Dan Media Film Pendek Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Peserta Didik Kelas VII SMPN 25 Semarang 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.59024/simpati.v2i1.524Keywords:
implementation, strategy, short film media, narrative textAbstract
This research was motivated by the writing ability of class VII participants which was still not optimal. All of this is based on the fact that interest in writing is still low, difficulty in expressing ideas or ideas into narrative texts, often looking at original texts when creating stories or essays. This research aims to describe the application of the "Ada Tawa Ceria" strategy and short film media by Elka Sinema in learning to write narrative texts for class VII students at SMPN 25 Semarang for the 2022/2023 academic year. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques use test and non-test techniques. The test technique consists of assigning narrative text writing skills according to the short film shown by paying attention to the structure of the narrative text. Non-test techniques include observation, interviews, questionnaires and documentation. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the "Ada Tawa Ceria" strategy and short film media can be applied to students, especially when learning Indonesian with narrative text learning material. This learning strategy and learning media can be an alternative for teachers in teaching narrative text material.
References
Arikunto, Suiharsimi. 2013. Proseiduir Peineilitian Suiatui Peindeikatan Praktik. Jakarta: PT Adji, Selviana Kusumawarti dan Imas Meilawati. 2020. Pentingnya Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia. PROSIDING SAMASTA Universitas Muhammadiyah Jakarta
Anggraeni, Rosira Dwi dan Fitri Nurjannah. 2020. “Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Quizizz dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Siswa Kelas X SMA”. Tangerang Selatan. Prosiding SMASTA
Arafah, Herameita. 2017. “Penerapan Strategi Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot”. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta; PT Rineka Cipta
Cahyono, E. 2009. Sekilas Tentang Film Pendek.
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Bali; PT Raja Grafindo Persada
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dewi, Yunita I WYN., dkk. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantua Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas III SD”. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4, Number 1, 2016.
Fikri, Maulana Fachrizal. 2020. “Penerapan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi Universitas PGRI Semarang.
Fitriyanti, Akilla. 2019. “Penerapan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Mengungkapkan Kembali Secara Tertulis Teks Biografi Peserta Didik Kelas X MAN 2 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi Universitas PGRI Semarag
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung; CV Pustaka Setia.
Hariadi, Sutriono. 2018. Strategi Pembelajaran “ADA TAWA CERIA” Dalam Menulis Teks Narasi Cerita Imajinatif. Hasta Wiyata: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Harjito dan Nazla Maharani Umaya. 2009. Jurus Jitu menulis Ilmiah dan Populer. Semarang: IKIP PGRI Press.
http://filmpelajar.com/tutorial/sekilas-tentang-film-pendek
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7523
Jauhari, Heri. 2013. Terampil Mengarang. Bandung: Nuansa Cendekia.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yrama Widya.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2016. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta; Referensi.
Mustaginah, Harjito, dan Rachmat Djatun. 2016. “Pemuatan Pendidikan Karakter Kepedulian dalam Pembelajaran Menulis Karangan Narasi sebagai Pengembangan Media Pembelajaran untuk SMA Di Kota Semarang”. Universitas PGRI Semarang.
Pentingnya Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia | Adji | PROSIDING SAMASTA (umj.ac.id)
Prayani, Ni Made Cici , I Nengah Martha, dan I Nyoman Yasa. 2022. “Penerapan Strategi Pembelajaran Group Investigation dengan Bantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Tembuku”. Singaraja . Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JPBSI)
Rachmi, Mia Nurainita. 2017. “ Strategi Kreatif-Produktif Berbantuan Media Film Pendek dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek. Universitas Pendidikan Indonesia. Repository.upi.edu.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.
Ulumuddin, Arisul. 2015. “Pembelajaran Menulis dengan Menggunakan Metode Discovery Berbasis Web”. Universitas PGRI Semarang. http://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/view/2068