PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KOMITMEN GURU PADA SMKN 2 BOJONEGORO

Authors

  • Alif Risky Nurmawan Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v2i3.903

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan juga menguji pengaruh pelatihan dan motivasi secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen pada SMKN 2 Bojonegoro. Penelitian ini berjenis explanatory survey dan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah Guru SMKN 2 Bojonegoro sebanyak 39 orang yang terdiri 20 PNS, 17 P3K, 2 Non ASN. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan pertimbangan guru yang sudah mengikuti pelatihann dan sebanyak 39 orang. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan oleh guru di SMKN 2 Bojonegoro dipersepsikan sangat efektif, motivasi kerja, komitmen dan kinerja guru SMKN 2 Bojonegoro semuanya dalam kategori sangat tinggi. Pelatihan dan Motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen. Pelatihan dan Komitmen berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru sedangkan Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Pelatihan dan Motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru melalui Komitmen.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2016). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Anugrah, A. (2020). Engaruh Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Garuda Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 466(4), 466–477. Diambil dari http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index

Dessler, G. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indek Kelompok Gramedia.

Hamzah, B. U. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi, C., & Sanosra, A. (2018). Pengaruh motivasi kerja, iklim organisasi terhadap komitmen organisasi dan kinerja dosen pendidikan guru pendidikan anak usia dini ikip pgri jember. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia, 8(1).

Handayani, A. D., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Pelatihan Pada Kinerja : Peran Mediasi Komitmen Organisasional RS Ortopedi Prof . Dr . R . Soeharso Surakarta. Jurnal manajemen dan bisnis, Vol.19. No, 25–38.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hikmah, N. (2022). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Smpn 5 Pelepat Ilir Muaro Bungo, 7(4), 206–213. Diambil dari https://repository.unja.ac.id/30409/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/30409/5/BAB I.pdf

Notoatmodjo, S. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, A. S., & Hendriani, S. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan yang Dimediasi oleh Komitmen pada Pengelola Bumdes di Kabupaten Kuansing. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(2), 91–99.

Putra, R., Nyoto, S., & Wulandari, E. (2019). The Effect Of Motivation, Training, Organizational Culture, And Organizational Commitment On Work Satisfaction And Performance Of Teachers At Smk Negeri Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 328–343.

Putra, R., & Renaldo, N. (2020). IMProvement Of Teacher Satisfaction And Teacher Performance Through Commitment, Culture Organization, Motivation, And Leadership Style Of Teachers In Senior High School Teachers In Rokan Hilir District. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 125–139. Diambil dari http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, P. I., Marbawi, M., & Murhaban, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Smk 1 Lhoksukon. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 4(2), 67. https://doi.org/10.29103/j-mind.v4i2.3377

Sinaga, E. P., Ratnasari, S. L., & Hadi, M. A. (2021). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Disiplin Kerja, Komitmen Organisasional Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 8(2), 104–110. https://doi.org/10.33373/jeq.v8i2.3816

Siregar, M. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sd Dan Smp Swasta Budi Murni 6 Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 5(1), 70–82.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tsani, A. A., & Prasetyo, A. (2020). Pengaruh Pelatihan dan Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Motivasi Berprestasi sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 466–475. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i3.491

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja (Kelima). Depok: PT Raja Grafindo.

Zibran, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Di Yayasan Pendidikan Islam Baiti Jannati Deli Serdang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 226–241.

Downloads

Published

2024-08-16

Issue

Section

Articles