PENGARUH SUPERVISI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI DI SMKN RENGEL TUBAN

Authors

  • Ratnawati Ratnawati Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v2i3.899

Keywords:

Motivasi; Supervisi; Budaya Organisasi; Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi dan budaya organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja di SMKN Rengel Tuban. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory, penelitian ini melibatkan seluruh 79 guru sebagai sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan budaya organisasi berada dalam kategori sangat tinggi, sementara kinerja guru dan supervisi berada dalam kategori tinggi. Supervisi dan budaya organisasi berpengaruh signifikan positif terhadap motivasi kerja guru. Namun, supervisi dan budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan langsung terhadap kinerja guru. Sebaliknya, motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja guru, dan supervisi serta budaya organisasi berpengaruh secara tidak langsung melalui motivasi kerja.

References

Antonius Lakapung, H., Goru, R., Perseveranda, M. E., & H Kaluge, A. (2023). Dampak Sertifikasi Guru, Supervisi Pengawas, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(5), 808–816. https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5.1535

Arifuddin, Asri, A., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi Kerja Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Cendekia Bantaeng. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 3(5), 772–786.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, I., & Raharjo, A. B. (2023). Pengaruh Motivasi, Beban dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Guru. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(3), 764–772.

Budi, S. H., Choerudin, A., & Winarna, W. (2016). Pengaruh Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja melalui Motivasi dan Komitmen Organisasi (Studi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karanganyar). Kelola, 3(1), 24–33.

Danial, D., & Damopolii, M. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 141–156.

Elly, Hidayat, M., & Dandu, S. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah, Budaya Kerjadan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal The Manusagre, 1(3), 373–381.

Enjang Suherman, & Suroso. (2022). Mediasi Motivasi Kerja Pada Pengaruh Kepemimpinan Kewirausahaan dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja CV Mandala Utama. Jurnal Manajemen, 12(2), 142–161.

Ghozali, I., & Latan, H. (2017). Partial Least Square: Konsep, Metode, dan Aplikasi menggunakan program WarpPLS 5.0 (3 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hamzah, M. I., & Sarwoko, E. (2020). Kepemimpinan, budaya organisasi dan kinerja: peran mediasi motivasi kerja. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 16(1), 41–53.

Kholid, M. I., & Utari, W. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Pada Pt. Surya Mustika Nusantara Amc–Malang. Jurnal Manajerial Bisnis, 6(3), 185–196.

Kristalia, J., & Sanoto, H. (2022). Hubungan Antara Supervisi Akademik Terhadap Motivasi Kerja Dengan Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1349–1358.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mastura, D., GIMIN, G., & ... (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru SMP Di Kecamatan Pesisir Kabupaten Siak. Jurnal Jumped (Jurnal …, (1), 18–27.

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2017). Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press.

Nisa’, N. Z., Sunandar, S., & Miyono, N. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 9(2), 234–248.

Paino, P., Utari, W., & Indrawati, M. (2023). Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Employee Engagement Di Smk Negeri Dander Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 1(2), 20–30.

Putra, R., Nyoto, S., & Wulandari, E. (2019). The Effect Of Motivation, Training, Organizational Culture, And Organizational Commitment On Work Satisfaction And Performance Of Teachers At Smk Negeri Pekanbaru. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), 328–343.

Rivai, Mursalim, U. G., & Moh, Z. M. (2019). Cultura Organizacional y Clima Organizacional como Determinante de la Motivación y el Desempeño Docente. Advances in Social Sciences Research Journal, 6(2), 555–566.

Rivai, V. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: Murai Kencana.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sahir, S. H. (2021). Pengembangan dan Budaya Organisasi. Yayasan Kita Menulis. Medan.

Saleh, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 17(1).

Santoso, H., Utari, W., & Prasetyo, I. (2021). Pengaruh Kompetensi Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Di Smk Nahdlatul Ulama Balikpapan. Jurnal Manajerial Bisnis, 5(2), 115–126.

Santy Wijaya. (2021). Pengaruh Peran Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru Dan Motivasi Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru (Survey pada Guru-guru Ekonomi pada SMK Negeri di Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(2), 149–158. Diambil dari https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium

Siagian, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Solka, M., Kurniawan, T., & Benned, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening di Yayasan Al Mubarak Benhil, Tangerang Selatan. Jurnal Manajemen Bisnis Almatama, 2(1), 45–50.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (9 ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utari, W. (2021). Pengaruh Faktor Pendidikan, Pelatihan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru SMA Negeri I Torjun Kabupaten Sampang. Ekonomika45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 9(1), 71–79.

Wahyudi, T., & Salim, F. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus: Pegawai Fakultas Kedokteran Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 3(4), 631–642.

Downloads

Published

2024-08-16

Issue

Section

Articles