USULAN PERBAIKAN KECELAKAAN KERJA PADA UMKM ROTI BAKAR AZHARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JSA DAN FTA

Authors

  • Marchimal Zulfiandito Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ayudyah Eka Apsari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.776

Abstract

Salah satu UMKM bernama Roti Bakar Azhari yang berlokasi di Rejowinangun, kotagede, Kota Yogyakarta, pabrik ini membuat roti tawar yang kemudian dijual kepada pedagang kaki lima, seperti penjual roti bakar. Dapat di pastikan  bahwa setiap karyawan diwajibkan untuk mematuhi peraturan K3 yang berlaku di perusahaan, salah satunya adalah mematuhi peraturan memakai APD (Alat Pelindung Diri) selama proses produksi. Pekerja kadang-kadang melanggar protokol kerja dan menyebabkan insiden kecelakaan di lingkungan kerja.. Dalam proses produksi ditemukan beberapa jenis kecelakaan kerja yang diantaranya seperti terkena percikan minyak panas, terkena panas oven, dan tangan tersayat pisau pemotong yang tentunya akan berdampak pada pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja pada UMKM Roti Bakar Azhari yang di peroleh melalui metode Job Safety Analysis (JSA) kemudian menganalisa potensi bahaya yang di temukan dan mencocokan nya dengan beberapa faktor kecelakaan pekerja yang di dapat melalui metode Fault Tree Analysis (FTA) kemudian mengusulkan strategi pengendalian untuk mengurangi kecelakaan kerja.

References

A. Iqbal Ibrahim and N. Hendrasarie, “Pelaksanaan Inspeksi Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) pada PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional III Subregional Jawa Pelabuhan Tanjung Perak,” 2022.

M. Z. Ikhsan, “Identifikasi Bahaya, Risiko Kecelakaan Kerja Dan Usulan Perbaikan Menggunakan Metode Job Safety Analysis (Jsa) (Studi Kasus: PT. Tamora Agro Lestari),” 2022.

Pulung Akbar Mukti Mulyojati and Ferida Yuamita, “Usulan Perbaikan Kecelakaan Kerja Pada Proses Pencetakan PT MEGA JAYA LOGAM Menggunakan JSA Dan FTA,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 360–374, 2023.

R. Aulia, M. Fitri, M. I. Adelino, and J. T. Industri, “Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Metode JSA dan HAZOP.” 2023.

A. Alimul Karim et al., “Identifikasi dan Analisis Risiko Kecelakaan Kerja di Workshop PT XYZ,” vol. 1, no. 2, 2023.

S. Bahri, S. Muhammad Jalil, A. Amri, and M. Ilham, “Sterilizer Reliability Analysis Using Reliability Block Diagram Based on Failure Identification Through Fault Tree Analysis”, 2022.

M. A. Rofiq and A. Azhar, “Hazards Identification and Risk Assessment In Welding Confined Space Ship Reparation PT. X With Job Safety Analysis Method,” BERKALA SAINSTEK, vol. 10, no. 4, p. 175, Dec. 2022.

U. Perbaikan et al., “Tbk Divisi Sanitary Dengan Metode HIRA Dan FTA Proposed Improvements On The Implementation Of Occupational Health And Safety Management System In PT. Surya Toto Indonesia Tbk Sanitary Division With HIRA And FTA Methods,” Journal Industrial Manufacturing, vol. 6, no. 1, pp. 27–42, 2021.

T. A. F. K. Aprita and Ayudyah Eka Apsari, “Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Bagian Stasiun Penggilingan di PT SINERGI GULA NUSANTARA dengan Metode JSA Dan HIRARC,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 180–191, Jul. 2023.

A. I. Halifasa and A. E. Apsari, “Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Identification And Risk Assessment (HIRA) Dan Job Safety Analysis (JSA) Pada PT.XYZ,” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), vol. 2, no. 3, pp. 204–217, 2023.

A. Kumar Mishra, P. S. Aithal, A. Professor, and M. Bhandari Memorial Academy Nepal, “Job Safety Analysis during Tunnel Construction.” 2021

D. R. Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Dan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Mentri Ketenagaan Kerja Indonesia,2022. 2022.

Downloads

Published

2024-06-03

Issue

Section

Articles