ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE PADA INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.771Keywords:
Dampak Positif, Dampak Negatif, Game Online, Minat BelajarAbstract
Studi ini bertujuan untuk (1) memahami konsekuensi dan dampak game onlline, (2) menggambarkan cara-cara mengatasi kecanduan permainan daring pada siswa, dan (3) menyelidiki alasan mengapa anak-anak lebih tertarik pada permainan daring daripada belajar. Populasi dan sampel penelitian ini mencakup semua siswa kelas IV A, yang terdiri dari 20 orang, dengan rincian 9 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian dilakukan di SDN 39 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak bermain game dapat menghambat perkembangan kepribadian anak, termasuk perilaku memberontak, suka membantah, berkelahi, kecenderungan individualisme, dan kurangnya kepedulian terhadap orang lain.
References
Arianto, tri R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar Tri. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 2071-2079.
Ariston, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Singkawang, S. (2018). Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 1(2), 86-91.
Ghanang, R. (2020). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Di Sd Mintaragen 3 Kota Tegal, Universitas Negeri Semarang, 172,
Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12.
Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2013) Ardanareswari. 1-10..
Meutia, P., Fahreza, F., & Rahman, A. A. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Genta
Mulia, XI(1), 22-32.. Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 1-6.
Nunik Istikumah, M. Yusuf Setya Wardana, dan H. J. S. (2022). Analisis Dampak Game Online Terhadap Aspek Kehidupan Sosial Pada Siswa Kelas V SDN 07 Kendaldoyong Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, 6, 19-27.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103
Paremeswara, M. C., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Emosi dan Sosial Anak Sekolah Dasar. Pendidikan Tambusai, 5(1), 1473-1481. Pengaruh Game Online, Perkembangan Emosi dan Sosial, Anak sekolah Dasar.
Parwita, H. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang). 650-657.
Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku
Putra, N. K. W. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Smk Pgri 4 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(07), 1.
Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi
Ulya, L., & Fatuhurohman, L. (2021). Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1112-1119. Warni, K., Wulandari, F., & Sumarh. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif Jurnal Umu Pendidikan, 2(3), 232-243.
Yusup, L. R., Kurniati, T., Airin, A. L. P., & (2021). Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP, 7(1), 36-39.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.