Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Keunggulan Dan Tantangan

Authors

  • Afifah Salsabila Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Salsabila Andrina Nadin Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Siti Maryani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.765

Keywords:

Implementasi, Merdeka Belajar, Keunggulan, Tantangan

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan rancangan pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan kesempatan belajar yang dapat dilakukan dimana saja dan dengan situasi yang menyenangkan dan tidak terlalu diberikan tekanan belajar yang berat, melainkan peserta didik diharapkan mendapat motivasi belajar untuk mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing. konsep merdeka belajar dalam kurikulum merdeka ini dapat mendorong peserta didik dalam mengembangkan potensi dirinya, serta dapat membentuk sikap dan juga mendorong keterampilan serta kepercayaan diri. Kemudian bagaimana implementasinya apakah ada tantangan dan apa keunggulannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode library research (studi kepustakaan), dengan memproleh informasi data dari berbagai sumber seperti buku, artikel jurnal yang berkaitan dengna masalah yang akan di bahas. Kurikulum merdeka merupakan babak baru dalam pendidikan dengan konsep merdeka berlajar. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya masih memiliki beberapa tantangan baik itu dari tuntutan kurikulum itu sendiri mauapun kesiapan pendidik dan juga peserta didik untuk menjalankan konsep merdeka belajar. Akan tetapi setiap pembaruan selian memiliki tantangan pastinya juga memiliki keunggulan-keunggulan sehingga pembarauan itu disepakati untuk digunakan ataupun direalisasikan secara umum. sebenarnya tantangan dari implementasi kurikulum merdeka ini adalah tentang terbatasnya pemahaman, tentunya dalam hal ini itu bisa diatasi yaitu dengan sosialisasi yang diadakan dan juga mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/article/view/55749

Bungawati, B. (2022). Peluang dan tantangan kurikulum merdeka belajar menuju era society 5.0. Jurnal pendidikan, 31(3), 381-388. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2847

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155– 164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/37

Fajrin, A. L., & Sugito, S. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Anak di Masa Pandemi Covid-19: Pembelajaran Daring dan Luring. Jurnal Obsesi, 6(6), 6890 – 6898. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236-243. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/6515

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345. https://www.jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/1714

Pendi, Y. O. (2020). Merdeka Belajar Yang Tercermin Dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu. Seminar Nasional Pendidikan, 291–299. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7743

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187. https://www.neliti.com/publications/449646/potret-kurikulum-merdeka-wujud-merdeka-belajar-di-sekolah-dasar

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles