MERANCANG ASESMEN YANG EFEKTIF UNTUK KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.740Keywords:
Asesmen, Kurikulum MerdekaAbstract
Pendidikan Indonesia mengalami pembaharuan kurikulum sebagai akibat dari perkembangan pendidikan di abad kedua puluh satu. Pada pembaharuan kurikulum ini, elemen asesmen harus dipelajari karena merupakan komponen pembelajaran yang sangat penting. Penelitian kualitatif biasanya dilakukan. Selain itu, mata pelajaran dan materi yang ditentukan sesuai dengan pendidikan tingkat dasar. Penelitian ini menggunakan analisis konten dari beberapa artikel yang telah dipublikasikan yang berkaitan dengan persepsi siswa terhadap kurikulum belajar merdeka di sekolah dasar. Alat dan metode analisis data yang paling umum digunakan adalah test dan t-test serial. Penelitian ini menghasilkan beberapa saran untuk penelitian lanjutan tentang evaluasi pembelajaran kurikulum merdeka.
References
Fauzi,A & Prapdita. (2018). Research Methods And Data Analysis Techniques In Education Articles Published By Indonesian Biology Educational Journals. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 123-134.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling: Studi Literatur. Konseling Andi Matappa, 90-100. Retrieved From https://www.researchgate.net/profile/Bakhrudin Habsy/publication/319914645_Seni_Memahamai_Penelitian_Kualitatif_dalam_Bimbingan_dan_Konseling/links/5fdeadf645851553a0d5c67a/Seni-Memahamai-Penelitian-Kualitatif dalam-Bimbingan-dan-Konseling.pdf
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 1-29. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1694079&val=1519&title=Merdeka%20Belajar%20Antara%20Retorika%20dan%20Aplikasi
Hindriana, A. F. (2018). The Development of Authentic Asessment Rubric for Asseing Undergraduated Student’s Learning and Performance. Indonesian Journal of Learning and Instruction, 1(1). Retrieved from https://journal.uniku.ac.id/index.php/IJLI/article/view/1279/0
Idrus. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 9, 920-935. doi:https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1655265
Jumiati, J., Rochmiyati, R., & Haenilah, E. Y. (2017). Pengembangan Model Asesmen Kinerja Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Sains. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(14).
Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582.
Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.