ANALISIS PENIRUAN TREND ASHOKA DALAM TIKTOK

Authors

  • Adinda Dyah Kumala Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Savna Robica Salsabillah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ahmad Aulia Rohman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhammad Rusydi Azmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Pia Khoirotun Nisa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pesatnya perkembangan media sosial telah membawa konektivitas yang tak tertandingi, namun juga menghadirkan batas baru untuk pencurian identitas dan peniruan. Penulis akan menganalisis terkait Trend Make-Up Ashoka. Menyoroti fenomena yang menarik dalam perubahan budaya dan dinamika komunikasi yang terjadi di platform media sosial terkemuka saat ini, khususnya di media TikTok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan cara studi pustaka. Objek penelitian ini membahas munculnya trend tentang makeup Ashoka Kareena Kapoor. Banyaknya influencer yang mengikuti trend Ashoka ini. Mengenai Film Ashoka yang dirilis tahun 2001 menandai era baru dalam perfilman Bollywood.

References

Andista, S. (2024). Trend Ashoka Bikin Viral Dunia, diakses 8 Mei 2024, dari https://www.kompasiana.com/sindia80193/663a5880de948f0ea1452622/trend-ashoka-bikin-viral-dunia.

Ayub, M. Sulaeman, S, F. (2022) Dampak Sosial Media Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja: Kajian Sistematik Vol 7. Jurnal Penilitian Bimbingan dan Konseling.

Azis, A, (2023). "Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan, Sumber dan Metode", diakses pada 19 mei 2024, dari https://deepublishstore.com/blog/studi-pustaka/.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Collins, F, “Menelusuri Penyamaran Digital: Memahami dan Memerangi Peniruan Identitas di Media Sosial”, Ranktracker, 4 Februari 2024, diakses dari https://www.ranktracker.com/id/blog/navigating-the-digital-masquerade-understanding-and-combating-social-media-identity-impersonation/.

Creeber, G. and Martin, R., (ed). 2009. Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire-England: Open University Press.

Hendro, F. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Dan Identitas Diri, Transformasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 2(32).

Krisnan, 2021. "7 Pengertian Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli", diakses pada 19 mei 2024, dari https://meenta.net/pengertian-metode-penelitian-kualitatif/.

Maryam, Sitti. (2019). “Analisis Busana Muslim sebagai Busana Populer Menolak Modernisasi Busana yang Erotis”, Jurnal Teknologi Kerumahtanggaan. 1(8).

Maryati, (2010). Statistika Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi Cetakan Kedua Yogyakarta (UPP) AMPYKPN.

Miller and Dollard. (1998) “Social Learning and Imitation”, The International Library of Sociology.

Mondry, 2008. Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwanti, Silviana. (2013). “Korea, Remaja Dan Proses Peniruan”, Jurnal Psikostudia, 2(1), 28-36.

Putri Naning dkk. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Edukasi Di Era Generasi Z : Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2).

Sains, U. (2023). Aśoka (film). Retrieved May 10, 2024, dari Stekom.ac.id website: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/A%C5%9Boka_ (film).

Wibisono, Gunawan. (2019). “Media Baru Dan Nasionalisme Anak Muda:Pengaruh Penggunaan Media Sosial “Good News from Indonesia” Terhadap Perilaku Nasionalisme.” Jurnal Studi Pemuda, 6(2).

Downloads

Published

2024-05-24

Issue

Section

Articles