PERAN PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL DI SD NEGERI 01 TERUSAN MENANG
DOI:
https://doi.org/10.59024/jis.v2i2.728Keywords:
Pendidikan, Perubahan Sosial, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan dalam perubahan sosial di SD Negeri 1 Terusan Menang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Pendidikan dan perubahan sosial saling berhubungan. Keduanya mempunyai dampak yang luas terhadap masyarakat ketika mereka berinteraksi satu sama lain Pendidikan selain dapat digunakan sebagai sarana reformasi dan perubahan sosial, juga merupakan lembaga yang menentukan arah perubahan sosial dalam bentuk pengembangan masyarakat. Peran pendidikan terhadap perubahan sosial di SD Negeri 1 Terusan Menang memegang peranan penting perubahan yang terjadi dari segi karakter siswa, proses belajar mengajar di sekolah, dan penanaman nilai sosial yang dilaksanakan di sekolah.
References
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Huda, M. (n.d.). Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial A . Pendahuluan Pada pembukaan UUD 1945 , khususnya alinea keempat tersirat bahwa keberadaan negara Indonesia yang diproklamasikan 17 Agustus 1945 mempunyai misi : melindungi segenap bangsa Indonesia dan se. 10(1), 165–188.
Indy, R. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Kurnia Wati, M., Fatimatul Khoiriyah, B., & Yasin, M. (2023). Peran Pendidikan Terhadap Perubahan Sosial di Sekolah SMAN 1 Tenggarong Seberang. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 314–320. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i3.2388
Lubis, M. S. A. (2018). Dampak Perubahan Sosial Terhadap Pendidikan. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 513–523. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.558
Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. 8(3), 116–119.
Musliyono. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Dengan Menggunakan Media Google Meet. 3(3), 1–23.
Phylosophy, E. (2014). Filsafat pendidikan. I, 129–135.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sholihah, K. (2021). Perubahan Sosial (Sosial Change) Dalam Pendidikan Agama Islam. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2), 114–131. https://doi.org/10.52166/talim.v4i2.2502
Sihaloho, W., Tanjung, D. R., Harahap, S. A., Barus, A., Ningsih, S. P., & Rohali, A. (2023). Pendidikan dan Perubahan Sosial. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 829–841. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4270
Sosial, P., Barus, A., Ningsih, S. P., & Rohali, A. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. 5, 829–841. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.4270
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH RESEARCH AND DEVELOPMENT STUDENT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.