PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX PADA YAMAHA JG CIBINONG

Authors

  • Debora Meilani Sitompul Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.405

Abstract

ABSTRAK. Kualitas produk dan harga memiliki peranan penting dalam mempengaruhi terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk. Kualitas produk dan harga dalam penerapannya tidak hanya dalam meningkatkan volume penjualan, tetapi juga dalam mengamati bagaimana perilaku konsumen dan memenuhi kebutuhan konsumen melalui upaya mengamati jenis dan tipe produk yang diinginkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha nmax pada Yamaha JG Cibinong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Yamaha Nmax Cibinong. Metode pengumpulan data dengan wawancara, kuisioner, dokumentasi dan observasi pengumpulan data menggunakan kuisioner. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 27 dengan teknik analisis data linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa , kualitas produk bepengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Nmax dan harga juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Nmax, selanjutnya kualitas produk dan harga secara simultan berpengarih signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Nmax.

Kata kunci : Kualitas Produk, Harga , dan Keputusan Pembelian

 

ABSTRACT. Product quality and price have an important role in influencing the purchasing decision in buying a product. Product quality and price in its application are not only in increasing sales volume, but also in observing consumer behavior and meeting consumer needs through efforts to observe the types and types of products consumers want. The purpose of this study was to determine the effect of product quality and price on the purchase decision of a Yamaha nmax motorcycle at Yamaha JG Cibinong. The research method used is descriptive quantitative. The population of this study were users of Yamaha Nmax Cibinong motorbikes. Methods of data collection by interviews, questionnaires, documentation and observation of data collection using questionnaires. Data processing uses the SPSS 27 application with multiple linear data analysis techniques. Based on the results of the study, it shows that product quality has a significant effect on the decision to purchase a Yamaha Nmax motorcycle and price also has a significant effect on the decision to purchase a Yamaha Nmax motorcycle, then product quality and price simultaneously have a significant effect on the purchase decision on a Yamaha Nmax motorcycle.

Keywords: Product Quality, Price, and Purchase Decision

References

Aditya, G., Ristanto, H., Kusmanto, & Rubiyati. (2022). Pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Rocket Chicken Karangjati). Jurnal Bingkai Ekonomi.

Ariliusra, A., & Games, D. (2020). ANALISIS PENGARUH LEARNING BEHAVIOR FROM FAILURE TERHADAP SUBJECTIVE WELLBEING DIMEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL CRISIS PREPAREDNESS PADA UKM DI SUMATERA BARAT.

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5222. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p20

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse The Effect of Promotion and Product Quality on the Purchase Decision of Converse Brand Shoes. AKMAMI ( Akutansi Manajemen Ekonomi ).

auladi, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI DI MAJU HARDWARE MADIUN. NSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO.

Dewi, Li. P. (2020). PENGARUH KUALITAS AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA Pada Perusahaan Sub Sektor Real Estate and Property Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018.

Fadjarajaani, S., Rosali, E. S., Patimah, S., Liriwati, F. Y., Nasrullah, Sriekaningsih, A., Daengs, A., Pinem, R. J., Harini, H., Acai Sudirman, S. MM., Ramlan, S. Pd. , M. Hum., Falimu, S. Sos. , M. I. Kom., Dr. (Cand.) Safriadi, S. Ag. , M. Pd., Dr. Netty Nurdiyani, M. Hum., Dr. Trisusanti Lamangida, S. M. Si., Dr. Marisi Butarbutar, S. E. , M. M., Ns. Ni Made Nopita Wati, S. K. M. Kep., Prof. Dr. Abdul Rahmat, S. Sos. , I. , M. Pd., Dr. Yudin Citriadin, M. Pd., … Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha, M. Ag. , M. Pd. (2020). Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner.

Garaika, & Darmanah. (2019). Metode Penelitian. Cv. Hira Tech.

Hardani, Auliyta, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif SERI BUKU HASIL PENELITIAN View project Seri Buku Ajar View project. https://www.researchgate.net/publication/340021548

Harjadi, D., & Arraniri, I. (2021). Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan .

Khafidin. (2020). KONSEP PERILAKU KONSUMEN BESERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Khairul Anwar. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI LATEX CONCENTRATE DAN SKIM BLOCK PADA PT. MARDEC NUSA RIAU KECAMATAN TAPUNG HULU KABUPATEN KAMPAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang Dimediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709

Nasution, M. A. (2019). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK ALAT KESEHATAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. DYZA SEJAHTERA MEDAN. Jurnal Warta Edisi : 59.

Norfai. (2020). Manajemen Data Menggunakan SPSS (S. E. M. S. Aris Setia Noor, Ed.).

Pratiwi, P. M. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada PT. Pudak Oriental Indonesia). SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI STAN – INDONESIA MANDIRI.

Purnawijaya, F. M. (2019). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN FASILITAS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KEDAI 27 DI SURABAYA .

Salim, H. S., Goh, T. S., & Margery, E. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA. 8(1).

Satriadi, W. E. H. L. S. N. (2021). Manajemen Pemasaran (Moh Suardi, Ed.).

Setyawan, D. A. (2022). Uji Validitas & Reliabilitas Instrumen Pengumpulan Data.

Syarifuddin, & Saudi, I. A. (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS.

Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Widyaningsih, D. (2021). Statistika Bisnis (M. Si. , M. Kom. Myra Andriana, Ed.). Yayasan Prima AgusTeknik.

Downloads

Published

2023-09-01

Issue

Section

Articles