Pengaruh Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja Guru di SMP N 1 Kasiman Bojonegoro

Authors

  • Yayuk Kusdanati Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v2i4.896

Keywords:

motivasi kerja; supervisi akademik; kepuasan kerja; dan kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja di SMP N 1 Kasiman Bojonegoro. Penelitian ini termasuk dalam pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP N 1 Kasiman Bojonegoro yang berjumlah 36 orang baik yang berstatus PNS maupun PPPK. Sampel sebanyak 36 orang menggunakan metode sensus sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi kuesioner dan studi pustaka. Penelitian  ini  menggunakan  analisis  Partial  Least  Squarel  (PLS) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja, kepuasan kerja, motivasi kerja, dan supervisi akademik berada pada kategori tinggi. Motivasi kerja dan supervisi akademik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, namun hanya supervisi akademik yang berpengaruh signifikan langsung terhadap kinerja guru. Kepuasan kerja guru juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kinerja, sedangkan pengaruh motivasi kerja dan supervisi akademik terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja tidak signifikan.

References

Ardana, P., Yudana, I. M., & Divayana, H. (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja Dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 44–55. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3349

Hamzah, H., Syarif, M., Rahima, M. A., & Purwati, A. A. (2021). Locus of Control dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan dan Kinerja Guru. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 43–55.

Harahap, D. S., & Khair, H. (2019). Pengaruh Kepemimpinan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 69–88.

Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Lastri, S., Sudrajat, A., & Sudarno, S. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik, Motivasi Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri di Kabupaten Indragiri Hulu. Instructional Development Journal, 5(3), 261–267.

Lestari, P., & Srimindarti, C. (2022). Kompleksitas Tugas, Locus Of Control, Time Budget Pressure, Komitmen Organisasi, dan Tindakan Supervisi terhadap Kepuasan Kerja Auditor Pada BPK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16190–16200. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4965%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/4965/4218

Mahyul, A. (2023). Pengaruh Kepuasan Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Negeri 12 Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 87–93.

Majidah, Y., Rachmawati, I. K., & Karnawati, T. A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 14(2), 105–112. https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i2.173

Masilawati, G., Harapan, E., & Wardiah, D. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Sistem Penghargaan terhadap Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1989–1998. Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/674

Mulyasa, E. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2017). Perencanaan SDM Untuk Organisasi Profit Yang Kompetitif. Yogyakarta: UGM Press.

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–64. Diambil dari https://www.neliti.com/id/publications/78494/konsep-sistem-informasi

Notoatmodjo, S. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Orno, G. C. N., & Hasbullah, D. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas, Motivasi Kerja, Iklim Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN. Jurnal Sipatokkong BPSDM, 1(1), 96–110.

Puspasari, Y., Miyono, N., & Abdullah, G. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SMKN se Kabupaten Pekalongan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1259–1267.

Rivai, V. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktek. Jakarta: Murai Kencana.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Rohim, N., & Umam, K. (2020). Pengaruh Penempatan dan Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Jember. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 229–241. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i3.21

SUGENG, S. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Dan Efikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Supervisi Kepala Sekolah Di Sma Kabupaten Jepara. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(3), 232–243. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i3.815

Sukamto, Egar, N., & Nurkolis. (2023). Pengaruh Budaya Kerja, Motivasi Kerja, Dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Se Kabupaten Kudus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 88–100.

Supardi, D. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia (9 ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi, M. D. (2021). Hubungan Persepsi Guru Terhadap Pekerjaan, Supervisi Kepala Sekolah, Dan Motivasi Kerja Dengan Kepuasan Kerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Percut. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 39–53. Diambil dari https://www.ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/ja/article/view/419

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles