MENELAAH KENDALA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR: SLR

Authors

  • Ani Marlia UIN Raden Fatah Palembang
  • Aulia Violeta Rieartika UIN Raden Fatah Palembang
  • Shevia Indriani UIN Raden Fatah Palembang
  • Leyin Iklimah UIN Raden Fatah Palembang
  • Tentri Wulandari UIN Raden Fatah Palembang
  • Tria Karunia UIN Raden Fatah Palembang
  • Aisyah Sina Dewi UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.744

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Tantangan, SLR

Abstract

. Kurikulum Merdeka adalah kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi hasil belajar dalam penerapan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur yang berkaitan dengan implementasi Kurikulum Merdeka dan tantangan yang dihadapinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literature Review, dengan mengumpulkan data dari berbagai artikel yang membahas implementasi Kurikulum Merdeka dan tantangannya, yang diterbitkan antara tahun 2021 hingga 2023 menggunakan aplikasi Publish or Perish. Artikel-artikel yang relevan ditemukan, diseleksi, dan dianalisis berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka menghadapi beberapa tantangan, termasuk: kurangnya sarana dan prasarana yang memadai; kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam penggunaan teknologi; kesulitan dalam melakukan evaluasi pembelajaran; kondisi siswa, orang tua, dan lingkungan yang beragam; serta ketidakmerataan kebijakan pemerintah. Kesimpulan penelitian ini menggarisbawahi bahwa implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi berbagai tantangan di bidang pendidikan.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Andriana, E., Yuliana, R., Setiawan, S., Noviyanti, T. E., Ulfahmi, K. I., Evasufi, L., & Fajari, W. (2023). Students’ Scientific Ability through Contextual Scientific-based Learning Tools During Covid-19 Outbreak. International Journal of STEM Education for Sustainability, 3(2). https://doi.org/10.53889/ijses.v3i2.184

Chamdani, M., Salimi, M., & Fajari, L. E. W. (2022). Perceptions of First-Year Students in Online Lectures in the Covid-19 Pandemic Era Viewed from Learning Motivation. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(2), 179–192. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.02.18

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4686

Erita Dewi Sirait , Tita Rosita, Y. E. P. (2023). 3 1,2,3. 23(5), 49–60.

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.

Patrinos, H. A. (2023). Evaluation of Educational Loss in Europe and Central Asia. August.

Pertiwi, M. W., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 404–413.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2009). Systematic Reviews in the Social Sciences (A Practical Guide). Blackwell Publishing.

Rohim, D., & Rigianti, H. A. (2023). Hambatan guru kelas IV dalam mengimplementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2801–2814.

Shaya, U., & Kaur, G. (2021). A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom Sector. Psychology and Education, 58(1), 2515–2531. www.psychologyandeducation.net

Downloads

Published

2024-05-28

Issue

Section

Articles