Analisis Peran Sekolah dalam Mengatasi Masalah Perilaku Menyimpang Siswa di SDN 08 Indralaya Utara

Authors

  • Yonada Viossa Kisda UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Anzela Ravika UIN RADEN FATAH PALEMBANG
  • Aisyah Septarina UIN RADEN FATAH PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.738

Keywords:

Perilaku Menyimpang

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh ketertarikan peneliti dalam melihat dari peran sekolah dalam mengatasi masalah perilaku yang menyimpang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran sekolah dalam mengatasi perilaku yang menyimpang terhadap siswa di SD Negeri 08 Indralaya Utara. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori... Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan beberapa guru di SD Negeri 08 Indralaya Utara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah melakukan upaya untuk mengatasi kenakalan remaja dengan mengadakan program pembinaan, melibatkan berbagai strategi dan pendekatan yang ditujukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, serta  membuat sesi konselling khusus untuk siswa yang bermasalah sesuai jenis kasusnya masing-masing, serta memberikan bentuk perhatian yang lebih kepada peserta didik yang bermasalah.

References

Hidayati, S.N. (2016). Pengaruh Pendekatan Keras dan Lunak Pemimpin Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Potensi Mogok Kerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(2), 57-66. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i2.164.

Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.

Bator, R. J., Bryan, A. D., & Schultz, P. W. (2011). Who Gives a Hoot?: Intercept Surveys of Litterers and Disposers. Environment and Behavior, 43(3), 295–315. https://doi.org/10.1177/0013916509356884.

Norsyaheera, A.W., Lailatul, F.A.H., Shahid, S.A.M., & Maon, S.N. (2016). The Relationship Between Marketing Mix and Customer Loyalty in Hijab Industry: The Mediating Effect of Customer Satisfaction. In Procedia Economics and Finance (Vol. 37, pp. 366–371). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(16)30138-1.

Armand, F. (2003). Social Marketing Models for Product-Based Reproductive Health Programs: A Comparative Analysis. Occasional Paper Series. Washington, DC. Retrieved from www.cmsproject.com.

Belair, A. R. (2003). Shopping for Your Self: When Marketing becomes a Social Problem. Dissertation. Concordia University, Montreal, Quebec, Canada.

Lindawati (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan Rumah Tangga Petani Usahatani Terpadu Padi-Sapi di Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor. Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/ handle/123456789/85350.

Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.

LPPSP. (2016). Statistik Indonesia 2016. Badan Pusat Statistik, 676. Jakarta. Diakses dari https://www.LPPSP.go.id/index.php/publikasi/326.

Risdwiyanto, A. (2016). Tas Kresek Berbayar, Ubah Perilaku Belanja? Kedaulatan Rakyat, 22 Februari, 12.

Chain, P. (1997). Same or Different?: A Comparison of the Beliefs Australian and Chinese University Students Hold about Learning’s Proceedings of AARE Conference. Swinburne University. Available at: http://www. swin.edu.au/aare/ 97pap/CHAN97058.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.

StatSoft, Inc. (1997). Electronic Statistic Textbook. Tulsa OK., StatSoft Online. Available at: http://www.statsoft.com/textbook/stathome.html, diakses tanggal 27 Mei 2000.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles