EVALUASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MEMPERKUAT NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCCES, PRODUCT) DI SDN 14 ATTS BUKITTINGGI

Authors

  • Kikip Pranata Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yelfi Dewi S UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.430

Abstract

Kegiatan keagamaan merupakan kegiatan yang berada di luar program yang tertulis pada kurikulum, umumnya pihak sekolah menyediakan waktu untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Menyelenggarakan kegiatan keagamaan untuk menciptakan anak didik yang rajin, taat dan patuh dalam mengamalkan ajaran agamanya. Siswa di SDN 14 ATTS cenderung kurang memiliki dasar atau landasan yang kuat dalam beragama dan mengamalkan, menarik untuk dikaji lebih dalam dengan tujuan penguatan nilai-nilai keberagamaan siswa dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah model pendekatan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1). Evaluasi Context, kegiatan keagamaan SDN 14 ATTS memberikan kontribusi dan manfaat yang sangat besar bagi stakeholders. Kegiatan ini berpedoman pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2). Evaluasi Input kegiatan keagamaan yang telah dilakukan melibatkan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang ada. Strategi kegiatan keagamaan sudah termasuk dalam kategori baik. Pembiayaan juga lancar. Ruang lingkup kegiatan ini melibatkan seluruh siswa. 3). Evaluasi Procces bahwa penanggung jawab kegiatan keagamaan di SDN 14 ATTS adalah kepala sekolah dan majelis guru kegiatan yang ditujukan untuk kelas III, IV, V dan IV. 4). Evaluasi Product kegiatan keagamaan memberikan pengetahuan untuk mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

 

References

Fikri, Mftakhul. 2019. “Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan,” .

Suranto. 2019. “Perencanaan & Evaluasi Program Komunikasi.” In Journal of Chemical Information and Modeling, 83–96. Yogyakarta: Pena Pressindo. http://www.elsevier.com/locate/scp.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Purwanto, Instrumen Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2013.

Undang-undang Indonesia Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Umbara, 2003.

Downloads

Published

2023-01-20

Issue

Section

Articles