Penerapan Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Keagamaan di SDIT Al Azhar Darul Jannah Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.425Abstract
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menggerogoki nilai kemanusiaan peserta didik seperti kejujuran, tolerasi, kerja sama, saling menghormati dan menghargai antar sesama mulai memudar, hal ini akan mengancam eksistensi keberagamaan dan integritas suatu bangsa. Diantara beberapa kenyataan yang ditemui dilapangan, yaitu ketika guru masuk kedalam kelas peserta didik tidak memperhatikan guru yang sedang berada didalam kelas, guru mengucapkan salam ada sebagian peserta didik tidak menjawab salam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang datanya diperoleh dari observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai keagamaan diterapkan melalui Model ekstrakurikuler (Suplemen) yaitu melalui kegiatan tambahan yang berorientasi pada pembinaan karakter peserta didik. Beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli social, tanggung jawab. Dan menjadi faktor yang mempengaruhi dalam penerapan pendidikan karakter yaitu faktor kebiasaan, faktor keturunan, faktor lingkungan, dan faktor kekeluargaan.
References
Heckman, James J, Rodrigo Pinto, and Peter A. Savelyev. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1967.
M, Iswantir. “Gagasan Dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam Di Indonesia. (Studi Pemikiran Dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra).” Journal of Educational Studies 2, no. 2 (2017): 168.
Moleong, lexy j. Metodoogi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Thomas Lickona, Pendidikan Karakter Panduan Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan. “Thomas Lickona : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam” VII, no. September 2013 (2013).
Uswatun Hasanah. “Model-Model Pendidikan Karakter.” Model-Model Pendidikan Karakter, 2019.
Wedra Aprison, Junaidi. “Pendekatan Saintifik: Melihat Arah Pembangunan Karakter Dan Peradaban Bangsa Indonesia.” Epistemé, 12, no. 2 (2017): 507–32. https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.507-532.
Wilujeng, W S. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan Di SD Ummu Aiman Lawang.” Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eko Supria, Wedra Aprison
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.