Paradigma Kemanusiaan Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Sofyan STAI Darul Arafah Deli Serdang

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.297

Keywords:

Kata kunci: Paradigma-Kemanusiaan-Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak

          Manusia menjadi subjek dan objek utama dalam pendidikan Islam, karena itu peranan manusia sangat penting  dalam mengembangkan kepribadian manusia Indonesia seutuhnya dalam bingkai meraih keridaan Allah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perjalanan hidup manusia menuju mardatillah, kebebasan manusia dalam perspektif pendidikan Islam, tugas hidup manusia dalam pendidikan Islam, Muhammad saw. sebagai profil ideal manusia, dan pendidikan Islam berwawasan kemanusiaan.

          Pendekatan yang dipakai dalam menggali data dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan library reseach. Sumber data diambil melalui buku-buku yang ada di perpustakaan kemudian temuan dianalisis dengan menggunakan analisis isi (content analyst).  

          Hasil temuan menegaskan bahwa: 1) Tujuan hidup manusia untuk mengabdi kepada Allah, 2) Dalam pendidikan Islam manusia diberi kebebasan dalam menentukan hidupnya sendiri dengan tidak bergantung kepada orang lain karena dia telah dididik menjadi pribadi mandiri, optimis, mampu mengembangkan fitrahnya tanpa mengganggu orang lain, 3) Tugas hidup manusia di dunia ada dua sebagai khalifah yang memakmurkan bumi serta menjadi hamba Allah yang mengabdi kepada-Nya sebagaimana profil manusia ideal yang telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. 4) Pendidikan Islam yang berwawasan kemanusiaan diharapkan mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk mengantarkannya menjadi manusia yang sempurna.

 

Kata kunci: Paradigma-Kemanusiaan-Pendidikan Islam

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles