Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Agam

Authors

  • Ilham Barita Siregar 4Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Afrinaldi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi,
  • Iswantir M Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v1i1.191

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Karakater, MTsN 6 Agam

Abstract

Latar belakang peneliti membuat tulisan ini adalah pentingnya penenaman nilai-nilai pendidikan karakter di MTsN 6 Agam. Pembentukan dan penanaman karakter yang positif terhadap siswa sangat diperlukan, melalui implementasi pendidikan karakter di lembaga pendidikan, dan sekaligus sebagai upaya pembangunan manusia Indonesia yang berakhlak budi pekerti yang mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter di MTsN 6 Agam (1) disiplin, (2) mandiri, (3) bersahabat/komunikatif, (4) peduli sosial, (5) tanggung jawab di MTsN 6 Agam guna mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, artinya penulis akan melihat fenomena yang terjadi di lapangan. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan didukung dengan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di MTsN 6 Agam dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum sekolah. Pelaksanaan implementasi dengan mengintegrasikan karakter dalam mata pelajaran, kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladan. Dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di MTsN 6 agam para pendidik selalu berupaya untuk menanamkan nilai-niali karakter terhadap siswa/siswinya agar menjadi pribadi-pribadi yang berkarakter.

Downloads

Published

2023-05-25

Issue

Section

Articles