PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR LINGKUNGAN KELAS TERHADAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Rosmiaty Djamaluddin Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Arismunandar Arismunandar Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Herman Herman Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Mustafa Mustafa Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1146

Keywords:

Pembelajaran di Luar Kelas, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh metode pembelajaran di luar lingkungan kelas terhadap sosial emosional anak usia dini. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran di luar lingkungan kelas sedangkan variabel terikatnya adalah perkembangan sosial emosional anak usia dini. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji normalitas serta uji hipotesis dengan uji-t melalui PASW 18. Berdasarkan hasil analisis statistika diperoleh nilai t hitung 18.380>2.101 dan nilai sign. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran di luar lingkungan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap sosial emosional pada anak usia dini.

References

Agustin, K., Zen. D. N., Wibowo. D. A. (2022). Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Masalah Mental Emosional pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Aba Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Tahun 2021. J Keperawatan Galuh 4(2):53.

Agustina, R. (2019). Penerapan Metode Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas IV SD Negeri 1 Way Halim Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Ananda, R., dan F. Fadhilaturrahmi. (2018). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB. Jurnal Obsesi, Vol. 2, No. 1, h. 21.

Aurora., A. Meiranny., E. Susilowati. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Sosial- Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. The Indonesian Journal of Health Promotion 7(4):768-777.

Danarti. 2014. Perbedaan hasil belajar IPS model project-based learning berbasis outdoor study dengan konvensional siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora. Vol. 2 No. 2, Hal 102-111.

Dewi, T. AR. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial

Emosinal Anak. J Golden Age 2 (02):66-74.

Eisenberg, N. (2000). Emotion, regulation, and moral development. Annual review of psychology, 51(1), 665-697.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: ArRuzz Media.

Fitriastuti, Febriani. (2013). Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Keluarga dan Minat

Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Oikonomia. Vol.2. hal 183-188

Hakim, A. R., Yazid. M., Kudsiah. M. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Dan Akhlak Peserta Didik. J Didika Wahana Ilm Pendidik Dasar 7(1):149–62.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Yogyakarta: Torren Book. Hamdi, A. S., dan E. Baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Hanita. (2017). Identifikasi Perkembangan Sosial dan Emosi di Sekolah Berdasarkan Pola Asuh Pada Anak Usia 4-6 Tahun. J Indria II(2):26–40.

Husamah. (2013). Pembelajaran luar kelas outdoor learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.

Indanah., dan Yulisetyaningrum. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah. J Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 10(1):221–228.

Iskandar, S. (1997). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Kartono, K. (2014). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khadijah, (2012). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Citapustaka Media Pritis.

Khulusinniyah., dan F. Masruroh. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edupedia.4(1):59–66.

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam 12(1) :87–101.

Kurniawan, D. (2022). Pengaruh metode pembelajaran outdoor learning learning terhadap hasil belajar siswa di MTS Negeri 4 Bulukumba. Jurnal Kependidikan Media, 11, 24–32.

Li S., Tang Y., Zheng Y. (2023). How the home learning environment contributes to children’s social–emotional competence: A moderated mediation model. Front Psychol.;14:1–19.

Limarga, D. M. (2017). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1): 86–104.

Mahatmaharti, A. K., dan S. Dinarti. (2023). Pengaruh Kegiatan Parenting Orang Tua Terhadap Perkembangan SocioEmosional Anak Usia Dini. J Ilm Profesi Pendidik. 8(2):1239–1245.

Makagingge, M., Karmila. M., Chandra. A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya J Anak Pendidik Usia Dini Vol 3 n:115–22.

Marsal, A., dan F. Hidayati. (2017). Pengaruh smartphone dengan interaksi sosial. Jilmiyah Rekayasa Dan Manaj Sist Inf 3(1):78–84.

Meisin Sari, A. (2019). Efektivitas metode outdoor study dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam siswa kelas IV sdn 66 kota bengkulu. Skripsi Program Studi PGMI, Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu, 34–41.

Muhibin, S. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mustrari, M. (2011). Nilai Karakter (Refleksi Untuk Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Nisa, A. R., Patonah. P., Prihatiningrum. Y., Rohita. (2021). Pencapaian Kemampuan Sosial Emosional Anak Berdasarkan Kelompok Usia 4-5 Tahun Selama Masa Pembelajaran Daring. J Audhi 4(1):1–13.

Nurhayati., F. Hayati., dan Cut Marlini. (2021). Analisis Perkembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B di PAUD Kasih Bunda Ateuk Lam Ura Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol 2, Nomor 1.

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi Vol 23, No. 2: 103–111.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Repoblik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentamg Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Prasetya, D. S. (2008). Biarkan Anakmu Bermain. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, N., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2021). Kendala-kendala guru paud dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 26-32.

Putri, A., Arifin. D., Riani. S. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Kognitif Aud. BUHUTS AL-ATHFAL J Pendidik dan Anak Usia Dini 1(1):116–28.

Rangkuti, D., & Sukmawarti. (2017). The development of story telling learning model to improve early childhood kids empathy feeling. Jurnal Usia Dini 3(2): 68–73.

Reynaldi, R., H. Subarjah., D. Susilawati. (2019). Pengaruh Outdoor Education Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Sportive 4(1):231-240.

Rianti, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Study) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Faktultas Tarbiyah dan Tadris di Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Samatowa. (2016). Pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Jakarta: Permata Puri Media.

Sari, D. D., Kinanti, D., Sartika, P. D., Pramesti, R. A., & Sani, R. (2023). Kajian outdoor learning process dalam pembelajaran biologi. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–166.

Sujiono, YN. (2016). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks Suyadi. 2010. Psikologi belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi. Suyanto, S, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Hikayat

Puplishing.

Uno, H. B., dan N. Mohamad. (2014). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik). Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, D. T. 2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Sosial

Anak Usia 5-6 Tahun. Gener Emas 1(1):39-50.

Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). (Jogjakarta: Diva Press, 2012), h. 17

Winataputra, U, S. 2003. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zoll, C., dan S. Enz, 2012, A Questionnaire to Assess Affective and Cognitive

Empathy in Children, OPUS publications server.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles