Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Aisyah Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Herlina Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Yusri Bachtiar Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Wahira Wahira Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.59024/jipa.v3i2.1142

Keywords:

Metode Bernyanyi, Kemampuan Keaksaraan Awal, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini 5-6 tahun dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal pada Anak Usia Dini 5-6
Tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Subyek penelitian yaitu peserta didik. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini didesain sedemikian rupa, sehingga membuat suasana belajar yang menyenangkan. Metode bernyanyi dilakukan pada satu topik pembelajaran, metode tersebut lebih membantu dan memudahkan anak dalam mengenal, menghafal, menyerap dan memahami huruf dan mempraktekkan bunyi hurufnya. Oleh karena itu diperlukan suatu cara mengemas pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikannya kepada anak, anak-anak senang dengan bernyanyi, guru harus memahami apa yang disukai oleh anak, dengan mengemas topik-topik dalam bentuk lagu, diharapkan anak dapat dengan mudah menerima. Guru menjadi kunci utama dalam kelancaran pembelajaran dengan metode bernyanyi, karena sebelum guru mengajarkan lagu sebaiknya guru benar-benar paham akan lagu yang diajarkan.

References

Achmad, I. B., & Hasibuan, R. (2019). Pengaruh Papan Permainan Kata (Paperta) Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Surabaya. PAUD Teratai, 8(1). https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.25-31.

Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301.

Ermawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Terhadap Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Raudhatul Jannah Al-Muttaqin Pekanbaru. Skripsi, Pekanbaru: Universitas Islam Negri Sultan syarif kasim Riau.

Elsa Dwi Riana, (2019). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Skripsi. Jambi: UIN JAMBI.

Fitria, Nila. (2021). “Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Digital „Bermain Keaksaraan‟ Pada Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5, no. 1 (2021): H. 37. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781.

Kemendikbud. (2017). “Pengembangan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal.” E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha 2, no.1: 4–6.

Lilis, Madyawati. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: indonesia kencana.

Maemunah, Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press.

Mansur. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Martinus Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. (2013). Panduan PAUD. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Matin, Rapi Halipani, Euis Ety Rohaety, and Lenny Nuraeni. “Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di Tk Nusa Indah.” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 2, no. 2 (2019): h. 51. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i2.p49-56.

Moeslichaton. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad, Fadilah & Litif Mualifatu K. (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, Hlm. 160.

Mukhtar Latif. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

M. Fadillah dk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Prenadamedia Group.

Novan Ardywiyani & Barnawi. (2014). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumardi, E. (2017). Pengembangan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal. In Kementrian pendidikan dan kebudayaan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Susanto, Ahmad. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia

Group.

Syefriani Darnis. (2018). Aplikasi Montessori dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3

Wahono, (2016). Perkembangan Keterampilan Menyanyi dan Mewarnai Dalam Rangka Meningkatkan Aspek Sosial – Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pedagogik Vol. 2 No 1.

Wardani, D. N. (2010). Perbedaan kematangan emosi anak yang gemar mendengarkan lagu lirik dewasa dan anak yang gemar mendengarkan lagu lirik anak.

Widia Pekerti. (2015). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaitun. (2017). Kapita Selekta Pendidikan. Pekanbaru: Cahaya Firdaus.

Downloads

Published

2025-01-30

Issue

Section

Articles