Review: Komunikasi Terapeutik dan Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) di Pelayanan Kesehatan

Authors

  • Retno Mardhiati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.59024/jikas.v1i4.460

Keywords:

komunikasi, interpersonal, pasien, SBAR, terapeutik

Abstract

Abstrak. Banyak faktor yang mendukung kesembuhan pasien di pelayanan kesehatan, tidak hanya berkaitan dengan ketepatan diagnosis dan pengobatan yang diberikan oleh tim medis, namun psikis pasien yang nyaman karena adanya komunikasi yang baik selama berobat di pelayanan kesehatan juga mendukung kesembuhan pasien. Tujuan penelitian ini menggambarkan beberapa metode komunikasi di pelayanan kesehatan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini, pengumpulan referensi dalam bentuk artikel yang berkaitan dengan komunikasi di pelayanan kesehatan dari Google. Kata kunci yang digunakan komunikasi kesehatan dan Healthcare Communication. Penelitian ini berjenis penelitian literatur, penyajian dengan menampilkan hasil review. Analisis penelitian dengan analisis deskriptif. Hasil menemukan komunikasi yang ada dalam pelayanan Kesehatan, antara pasien dengan tim medis dan antara tim medis dengan tim medis di pelayanan kesehatan.   Komunikasi terapeutik mampu meningkatkan kepuasan pasien dan memberikan ketenangan pasien beserta keluarga. Komunikasi Situation, Background, Assessment, Recommendation (SBAR) yang baik, meningkatkan motivasi kerja tim medis dan membangun kekompakan kerja tim medis.  Implikasi penelitian ini, dasar pengembangan metode komunikasi di pelayanan kesehatan yang lebih baik.

References

Anjaswarni T. Komunikasi dalam Keperawatan. Jakarta : Kementerian Kesehatan.

ecoAmerica. 2016. Let’s Talk Health and Climate: Communication Guidance for Health Professionals, Climate for Health, Washington, D.C.

Endrawati E. 2014. Penerapan Komunikasi Kesehatan Untuk Pencegahan Penyakit Leptospirosis Pada Masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Vol. 7, No. 1;1- 25. Diakses tanggal 20 Juni 2022

Faisal, Syahrul, Jafar N. 2019. Pendampingan Hand Over Pasien Dengan Metode Komunikasi Situation, Background, Assesment, Recommendation (SBAR) Pada Perawat Di Rsud Barru Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Jurnal Terapan Abdimas, Vol 4, No. 1; 43-51

Harahap RA, Putra FE. 2019. Buku Ajar Komunikasi Kesehatan. Jakarta : Prenadamedia Group

Komala L. Hafiar H, Damayanti T, Puspitasari L. 2014. Implementasi Model Komunikasi Kesehatan Two Step Flow Communication Dalam Menyebarkan Informasi Kesehatan Ibu Dan Janin Melalui Para Dukun Beranak Di Jawa Barat. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol. 3, No. 1; 38-50. Diakses tanggal 20 Juni 2022

Komariah K, Perbawasari S, Nugraha AR, Budiana HR. 2013. Pola Komunikasi Kesehatan Dalam Pedi pelayanan Dan Pemberian Informasi Mengenai Penyakit TBC Pada Puskesmas Di Kabupaten Bogor. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol 1, No. 2; 173-185. Diakses tanggal 20 Juni 2022

Megan A. Prilutski. 2010. A Brief Look at Effective Health Communication Strategies in Ghana. The Elon Journal of Undergraduate Research in Communications. Vol. 1, No. 2; 51-59 diakses tanggal 20 Juni 2022

Rahmadiana M. 2012. Komunikasi Kesehatan : Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikogenesis. Vol. 1, No. 1; 88-94 diakses tanggal 20 Juni 2022.

Rakhmaniar A. 2021. Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan COVID-19. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 4, No. 1; 10-30 diakses tanggal 10 Juni 2022

Salisah NH. 2011. Komunikasi Kesehatan: Perlunya Multidisipliner Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No.2; 169-193

Suardana IK, Rasdini GAA, Hartati NY. 2018. Pengaruh Metode Komunikasi Efektif Sbar Terhadap Efektifitas Pelaksanaan Timbang Terima Pasien Di Ruang Griyatama Rsud Tabanan. Jurnal Skala Husada Vol 15, No. 1; 43 - 58

Downloads

Published

2023-10-18

Issue

Section

Articles