Wisata Alam Penyejuk Hati : Daya Tarik Wisata Curug Cijalu di Kota Subang, Jawa Barat

Authors

  • Yuni Fitriyani Stiepar Yapari Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.60

Keywords:

Destinasi wisata, mitos curug cijalu

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk mengetahui asal usul berasalnya curug cijalu yang berada di Desa Cipancar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Tatar pasundan memang pantas dianggap tanah parahyangan, estetika yang dimilikinya memang pantas menjadikannya tempat tinggal   para yang kuasa (parahyangan). Kepingan estetika itu bisa dinikmati dicurug cijalu, subang. Curug cijalu ialah wisata yang memiliki dua curug yaitu curug putri serta curug cilemper. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif yang menyebutkan bagaimana keadaan atau aktivitas. Curug cijalu memiliki estetika dan  keasrian sebab pepohonannya  yang amat sangat rimbun serta hamparan kebun teh yang luas menjadikan curug cijalu semakin indah serta mampu membawa suasana wisatawan sangat ingin berlama-lama di curug cijalu. Akibat penelitian ini menunjukan bahwa curug cijalu dapat membuat daya tarik tersendiri untuk para wisatawan dikarenakan menurut sesepuh kampung wilayah Desa Cipancar banyak mengandung mitos – mitos yang ada di curug cijalu kota subang ini. Oleh karena itu curug cijalu banyak sekali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Menikmati sensasi menginap ditengah hutan ditemani gemuruh suara aliran air curug cijalu yang menghantam bebantuan. Kawasan curug cijalu dibuka semenjak 1 september 1984, menurut penduduk sekitar kurang lebih dahulu poly rakyat tionghoa yang berkunjung kesini untuk berdoa mereka berpikir curug cijalu ini artinya daerah mandinya para bidadari.

References

D. A. (2018). Analisis Ekuitas merek berdasarkan perspektif wisatawan pada taman sri baduga, purwakarta. Jurnal unsika, 331.

Diana, P. (2017). Peran dan pengembangan industri kreatif dalam mendukung pariwisata didesa mas dan desa peliatan, ubud. Jurnal Analisis Pariwisata, 84-85.

f, W. S. (2012). Tourism marketing and management . Jurnal Pariwisata, 211.

Gunadi, D. K. (2022, November Sabtu). Harga tiket Curug Cijalu. (Y. Fitriyani, Interviewer)

In Sunartha, I. S. (2021). Dampak perkembangan dan pembangunan sarana akomodasi wisata terhadap pariwisata berkelanjutan dibali. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1-2.

Isnaini, H. (2022). Mite Sanghyang Kenit: Daya tarik wisata alam di desa rajamandala kulon kabupaten bandung barat. Jurnal literasisains.id, 64-65.

Kusuma, A. F. (2016). Pengaruh daya tarik wisata terhadap niat kunjungan ulang wisatawan dengan kepuasan wisatawan dengan kepuasan wisatawan sebagai variabel intervening pada taman safari indonesia cisarua, bogor. Jurnal Pariwisata, 1 - 3.

priyana, Y. (2015). Toponimi ngaran-ngaran curug diwilayah purwasuka (Purwakarta, subang, karawang), dumasar carita rayat. Jurnal sunda, 4.

Wardiman, A. (2022, November Sabtu). Sejarah Curug Cijalu. (Y. Fitriyani, Interviewer)

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Yuni Fitriyani. (2023). Wisata Alam Penyejuk Hati : Daya Tarik Wisata Curug Cijalu di Kota Subang, Jawa Barat. Simpati, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i1.60