PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAWANG GORENG DI DESA GONDANGLOR KECAMATAN SUGIO LAMONGAN

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAWANG GORENG DI DESA GONDANGLOR KECAMATAN SUGIO LAMONGAN

Authors

  • Mitrotum Muntaza Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Siti Alifah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Nurul Istiqomah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Defitri Karunia Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Siti Hajar Falasifa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Sovia Putri Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Budi Susilo Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Moh David Aprilyanto Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Wahyu Tri Pambudi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan
  • Imtinan Widhah Kumala Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.59024/jpma.v2i4.920

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat Desa Gondanglor tentang pentingnya memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai media pemasaran produk bawang goreng. Kegiatan ini dimulai dengan pendataan UMKM di setiap dusun di Desa Gondanglor, dilanjutkan dengan sosialisasi tentang digitalisasi dan pengembangan produk. Melalui kegiatan ini, para pelaku usaha di Desa Gondanglor diperkenalkan pada konsep branding produk dan pemanfaatan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku usaha dapat menciptakan nama dan desain kemasan yang menarik untuk produk mereka, serta mulai memasarkan produk bawang goreng secara online dengan nama "UMAMI BAWANG GORENG". Diharapkan produk ini, serta produk UMKM lainnya di Desa Gondanglor, dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan menjangkau konsumen yang lebih besar

References

Augustinah, F. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong Di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2).

Firmansyah, K., Fadhli, K., Noviandy, I. A., & Rini, S. 2020. Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food. Jurnal Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1, 43-48.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall.

Merril, T., Latham, K. Santalesa R, Navetta, D. 2011. Sosial Media: e Business Benefit May Be Enermous, But Can The Risks-Reputation, Legal, Operational-Bemitigated Information

Nataliawati, R., Musyarofah, S., Handayani, L., & Wulandari, R. S. (2024). Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing Bagi. Communnity Development Journal, 5(1), 1140–1145.

Siti Musarofah, Mesra Surya Ariefin, Bayu Malikhul Askha, Arian Yusuf Wicaksono, & Muhammad David. (2023). Pelatihan Pembuatan Keset dari Pakaian Bekas Guna Meningkatkan Ketrampilan Ibu PKK di Dusun Gumelem Desa Banjarejo Kecamatan Kedungpring Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 1–4. https://doi.org/10.59024/jpma.v1i3.190

Siti Musarofah, Yanuangga galaherlambag, & Maulidza Nurfauzi. (2022). Pelatihan Inovasi Produksi Kerupuk Guna Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Desa Wonokromo Lamongan. Community : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), 118–122. https://doi.org/10.51903/community.v2i3.266

Downloads

Published

2024-09-06

Issue

Section

Articles